Bupati OKI Disajikan Sandi Morse

Spread the love

Jurnalline.com, KAYUAGUNG – Suasana meriah terlihat di pinggiran Sungai Komering dan jalan protokol tampak dari atas jembatan penyebrangan Kelurahan Kedaton. Dari berbagai jalur jalan pawai karnaval yang dipadati sebanyak 7.927 regu Pramuka Kwarcab keliling Kota Kayuagung, Rabu (12/8) dan finis di pendopoan depan kabupatenan.

Pawai karnaval seragap pramuka tersebut diikuti dari tingkat sekolah dasar (SD) 3.150 regu, tingkat SMP 2.602 regu dan tingkat SMA sederajat mencapai 2.275 regu. Mereka berjalan ada yang mengenakan pakaian pramuka dan ada yang sengaja mengenakan pakaian seperti badut, untuk menghibur penonton yang menyaksikan di sepanjang jalan. Sehingga, pawai pramuka ini, menambah semangat dan kemeriahan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Republik Indonesia (RI).

“Jumlah ini menunjukkan bahwa pada tahun ini mengalami peningkatan 4 kali lipat dari tahun sebelumnya,” kata Elzam Muaz Andalan Kwarcab OKI yang cinta tanah air dan pramukalah yang membuat dirinya besar dan bersahabat sesama umat beragama maupun dari sisi lainnya. Demikian, bukti kepiawaian anak pramuka di atas susunan tongkat bisa menampilkan kebolehan dengan menggunakan sandi morse dihadapan Bupati OKI Iskandar SE didampingi Ketua TP PKK OKI Hj Lindasari sera unsur musida dan tamu undangan.

Rangkaian pawai dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan OKI Drs H Zulkarnain MM sekaligus sebagai Wakil Ketua Kwarcab Pramuka se-Kabupaten OKI. Zulkarnain juga merangkap sebagai ketua penyelenggara peringatan HUT Pramuka Ke-54 bersama para pengurus Pramuka Kabupaten OKI. Iring-iringan drum band, balaganjur dan musik japin turut memeriahkan kegiatan ini. Tak ketinggalan badut yang sangat memukau para anak-anak ditengah gendongan orang tuanya.
Para peserta tampak antusias, hal ini terlihat dari beragama konstum dan pakaian yang dikenakan mulai pakaian dari berbagai daerah di Indonesia hingga berbagai jenis pakaian lengkap dengan atributnya.Kendati terik sinar matahari menyengat kulit, tak membuat surut ribuan regu pramuka melangkahkan kaki dengan bersorak soray sesuai dengan ciri khas gugus sekolahan masing-masing.

Setiba di pendopo rumah dinas Bupati OKI, rombongan karnaval diterima langsung oleh Bupati OKI H Iskandar SE,Wakil Bupati H M Rifai SE, Sekda H Husin SPd MM, Wakapolres OKI M Adil, Kodim 0402/OKI, Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra SSos,

Kepala Kejari Kayuagung Viva Hari Rustaman SH MH, serta jajaran SKPD dan unsur Muspida OKI yang menyaksikan pawai yang menakjukan tersebut.

Bupati OKI H Iskandar SE mengatakan, kegiatan ini untuk mengajak seluruh siswa ikut berpartisipasi dalam rangka merayakan hari pramuka. “Pramuka sebagai garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter kaum muda, untuk mengajarkan kepada siswa tentang bagaimana menjalankan sikap yang disiplin, bertanggung jawab, dan percaya diri,” ungkap Iskandar.

Selain itu, pramuka bisa membentuk kepribadian diri menjadi santun terhadap orang yang lebih tua dari dirinya. “Di Pramuka inilah diharapkan seluruh guru agar bisa menambah ilmu diluar mata pelajaran kepada anak sekolah. Karena, ilmu sopan santun dan akhlak terhadap orang yang lebih tua harus dibina sejak dini. Karena kegiatan ekskul diluar dari mata pelajaran bisa membuka wawasan diluar mata pelajaran,” kata suami dari Ketua TP PKK OKI Hj Lindasari. Karena sekarang ini, guru tidak bisa bertindak ceroboh, kekerasan patal akibatnya. Karena sudah ada contoh di OKI, kepala sekolah dipolisikan bahkan sekerang dalam proses persidangan.

(Novi/salim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.