Lomba Bidar Jadi Tontonan Masyarakat

Spread the love

Jurnalline.com, KAYUAGUNG – Lomba bidar antar kelurahan di Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang diikuti 9 kelurahan, di Sungai Komering menjadi tontonan warga, dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia.

Para peserta terdiri dari Kelurahan Sida Kersa, Jua-jua, Mangun Jaya, Sukadana, Perigi, Kayuagung Asli, Paku, Kedaton, dan Kutaraya itu turut meramaikan hari jadi kemerdekaan yang dibuka di Kelurahan Jua-jua, tak jauh dari lokasi Bidan Lisa Mora.

Lomba cukup menarik perhatian warga Kayuagung sehingga jalan raya di pinggir Sungai Komering padat kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil yang hendak menyaksikan dari dekat. Warga yang sengaja datang dengan berjalan kaki membawa sanak keluarga sehingga tambah ramai.

Lomba bidar dibuka oleh Ketua TP PKK OKI Hj Lindasari Iskandar didampingi Sekda H Husin SPd MSi, diawali bidar dari Kelurahan Sidakersa melawan Kelurahan Jua-jua yang diungguli bidar dari Jua-jua dan selanjutkan dilanjutkan bidar berikutnya.

Masyarakat berbondong-bondong menyerbu pinggiran Sungai Komering untuk melihat dari dekat. Berdiri dipinggiran sungai pinggir jalan disertai sorak suray mendukung para bidar dari kelurahan masing-masing. Perlombaan bidar ini, ada yang dijadikan ajang taruhan sesama penonton.

Yuandi, salah satu pengunjung mengaku sangat antusias menyaksikan lomba bidar yang digelar setiap tahunnya. “Ini momen langkah setahun sekali jadi sayang kalau ditinggalkan,” katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, masyarakat OKI sangat antusias dalam menyaksikan lomba bidar ini hingga memenuhi badan jalan. Akibatnya arus lalu lintas padat sehingga petugas Lantas Polres dan Dishub harus mengatur kendaraan.

Dan ada beberapa kelompok warga yang sibuk mencari lawan untuk menaruhi bidar yang dianggap kuat. Setelah berhasil menumbangkan berbagai kelurahan sehingga perwakilan Bidar dari Kelurahan Jua-jua melawan bidar dari Kedaton dimenangkan oleh bidar dari Jua-jua yang memang setiap tahun kedua pasangan selalu merebutkan juara 1 dan 2.

(Novi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.