Peresmian Jembatan Sungai Rasau, PT OKI Pulp and Paper Mills Gelontorkan Dana 6,6 Milyar

Proses Pembangunan Jembatan Sungai Rasau OKI
Spread the love

Jurnalline.com – KAYUAGUNG,– Bertepatan satu tahun pembangunan PT.OKI Pulp and Paper Milis  di Desa Sungai Baung Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam pembangunannya sebagai pendorong kemajuan Kabupaten OKI. jembatan Sungai Rasau penghubung Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ke Perusahaan PT OKI Pulp and Paper Mills yang bergerak dibidang kertas terbesar di Asia Tenggara, Kamis (19/11) diresmikan dengan diguntingnya pita oleh Bupati OKI Iskandar SE didampingi Ketua TP PKK OKI Hj Lindasari Iskandar.

PT.OKI Pulp and Paper Milis menggelontorkan dana sebesar 6,6 milyar untuk membangun jalan dan jembatan sepanjang 6,6 Km sebagai akses penghubung  dan akhirnya masyarakat sudah dapat menggunakan jembatan tersebut.

Proses Pembangunan Jembatan Sungai Rasau OKI

Proses Pembangunan Jembatan Sungai Rasau OKI

Pembangunan jembatan cor beton yang dimulai sejak tanggal 19 November 2014 dan selesai 19 November 2015, tepat dikerjakan oleh kontraktor selama 1 tahun dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT OKI Pulp and Paper Mills senilai Rp 6,6 Miliar dan telah diserah terimakan oleh perusahaan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) OKI untuk dipergunakan dan dirawat sebaik mungkin.

Bupati OKI H Iskandar SE memberikan, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran PT OKI Pulp and Paper Mills, karena telah membantu Pemda OKI dalam membangun insfrastruktur, terkhusus di wilayah pedesaan.

“Bantuan CSR dari PT OKI Pulp and Paper Mills ini sangat membantu pemerintah dalam membangun infrastruktur jalan dan jembatan. Sekarang Air Sugihan sudah bisa ditempuh melalui jalan darat, kita akui bahwa Pemkab OKI sangat membutuhkan bantuan perusahaan, karena APBD OKI sangat minim untuk membangun infrastruktur,” kata Iskandar semangat mengajak warganya untuk menjaga dan merawat jembatan dan digunakan sebaik mungkin.

Dikatakannya, langkah PT OKI Pulp and Paper Mills, yang telah membangun infrastruktur berupa jembatan ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan perkebunan lainnya yang ada di OKI. “Ada hampir 50 lebih perusahaan yang beroperasi di wilayah OKI, jika satu perusahaan membangun satu jembatan atau ruas jalan, maka saya yakin dalam beberapa tahun saja tidak ada lagi wilayah OKI yang terisolir, semuanya bisa ditempuh melalui jalur darat,” tutur Iskandar dihadapan Franky O Widjaja sebagai Board Member of Sinar Mas dan Gandi Sulistianto sebagai Manager Direktur Sinar Mas dan masyarakat Dusun 3 Sungai Rasau Desa Riding.

Saat ini, Pemda OKI memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, seperti Jalan Sepucuk yang menghubungkan antara empat kecamatan yakni, Kayuagung, Pedamaran Timur, Cengal, dan Sungai Menang.

“Tahun ini sudah kita bangun Jalan Sepucuk dengan kontruksi cor beton yang menghabiskan dana Rp 30 Milyar lebih. Kita targetkan 2018 tidak ada lagi jalan penghubung yang masih tanah, semuanya akan kita bangun dengan cor beton ataupun aspal,” ungkap Iskandar.

Serah terima jembatan yang dibangun sejak satu tahun silam ini, dilakukan langsung Manajemen PT OKI Pulp and Paper Mills, H Gadang Hartawan kepada Bupati OKI H Iskandar SE, yang sekaligus dilakukan peresmian jembatan dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK dan Manajemen Pabrik Kertas terbesar di Asia Tenggara.

Menurut Gadang, pembangunan jembatan yang memakan waktu hampir satu tahun tersebut bertujuan sebagai pembuka jalan darat wilayah Air Sugihan, yang selama ini terisolir karena tidak bisa ditempuh melalui jalan darat. “Dengan peresmian ini, maka jembatan ini selanjutnya bisa digunakan masyarakat untuk beraktifitas. Mudah-mudahan jembatan ini bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat OKI, khususnya bagi warga Air Sugihan dan Pangkalan Lampam,” kata Gadang.

Bukan hanya jembatan Sungai Rasau ini, PT OKI Pulp and Paper Miliis melalui dana CSR-nya juga telah membangun 11 jembatan penghubung desa di dalam Kecamatan Air Sugihan. “Selanjutnya, untuk perawatan dan pemeliharaan jembatan-jembatan akan dilakukan oleh Pemda OKI, kita hanya sebatas membangunnya saja. Kami harapkan kepada Pemda dan masyarakat di wilayah ini untuk bersama-sama menjaga dan merawat jembatan ini, agar bermanfaat hingga puluhan tahun kedepan,” harap Gadang.

Dibukanya jembatan penghubung tadi, Gadang optimis, kedepan jika PT OKI Pulp and Paper Mills sudah beroperasi, akan terus eksis untuk masuk di pasar global, karena didukung bahan baku yg sangat dekat. “Pabrik kertas yang mendapat bahan baku dari luar, bisa eksis sampai puluhan tahun, apalagi OKI Pulp ini akan disuplay bahan baku dari dalam, kami yakin akan tambah eksis. Kita juga prioritaskan untuk kebutuhan masyarakat melalui CSR,” tandasnya.

(Novi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.