Menhan : Pembelian Helikopter Dibatalkan Karena Faktor Keuangan

Menhan : Pembelian Helikopter Dibatalkan Karena Faktor Keuangan
Spread the love

Jurnalline.com – JKT – Pembelian helikopter mewah Agusta Westland AW-101 usulan TNI Angkata Udara (AU) dibatalkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas Kabinet Kerja.

“Kita semuanya menyerahkan pada Bapak Presiden. Tadi, Bapak Presiden sudah putuskan karena masalah keuangan dan lain-lain. Jangan dulu beli lah,” kata Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu usai rapat di kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/12).

Menhan menjelaskan, sampai saat ini pembelian helikopter masih sebatas rencana dan belum ada kontrak apa pun dengan perusahaan pembuat helikopter.

“Belum dibeli, kan baru rencana-rencana. Kalau ekonomi membaik tentu yang terbaik kita beli. Walaupun duitnya banyak, kita lihat manfaatnya juga, jangan asal beli,” katanya.

Presiden Jokowi secara tegas menyatakan menolak usulan pembelian helikopter canggih dan modern Agusta Westland AW 101 sebagai pengganti helikopter Super Puma yang dirakit PT Dirgantara Indonesia (DI).

Penolakan itu berdasarkan pertimbangan bahwa helikopter yang ada masih dapat digunakan secara maksimal. Sementara kondisi keuangan negara tidak memungkinkan untuk membeli helikopter yang dinilai harganya terlalu mahal.

(Zeet/Rai/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.