Wabup OKI Rifai Ajak Pelajar Cinta Lingkungan

Wabup OKI Rifai Ajak Pelajar Cinta Lingkungan
Spread the love

Jurnalline.com, KAYUAGUNG– Kurun waktu setahun Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil menanam sebanyak 30.449.500 batang berbagai macam jenis pohon tersebar di lahan kosong dan lingkungan pemukiman penduduk sebagai wujud cinta lingkungan, Selasa (22/12).

Wakil Bupati OKI H M Rifai SE meminta pada pelajar dan masyarakat agar sedini mungkin untuk menjaga lingkungan agar tetap sejuk nan indah dengan penghijauan. Karena, ekosistem hutan yang baik hasil gerakan penanaman pohon ini, akan berperan sebagai pengatur tata air yang menjamin kualitas dan kuantitas aliran sungai dan air.

“Kegiatan hari ini bukan hanya seremonial menanam pohon saja, kita harapkan melalui kegiatan tanam ini kita mampu menyumbang jumlah pohon yang tertanam secara nasional lebih banyak lagi untuk menyelamatkan ekosistem dan lingkungan kita,” ujar Rifai seusai melakukan penanaman pohon jenis kayu manis.

Kadin Kehutanan H Rosidi mengatakan, bahwa sejak di canangkannya gerakan menanam satu milyar pohon, Kabupaten OKI terus berkomitmen merealisasikan gerakan untuk tetap menjaga dan menanam pohon di tanah Bumi Bende Seguguk yang dimulai dari anak-anak sekolah dasar, hingga dewasa untuk tetap menjaga keindahan lingkungan dengan penghijauan.

“Bersama ibu-ibu PKK, pelajar, kepolisian, TNI dan Perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI), kita terus melakukan penanaman di semua titik, sehingga realisasi penanaman pohon di OKI tahun 2015 sudah terealisasi 30.449.500 batang dan ini telah melampau target,” ujar Rosidi panjang lebar peringatan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam nasional tingkat Kabupaten OKI dilaksanakan di hutan kota di Kelurahan Kedaton Kecamatan Kota Kayuagung.

Dari jumlah 30.449.500 batang pohon tersebut, menurut Rosidi, hasil penanaman yang dilakukan oleh semua unsur, mencapai 581.300 batang terdiri 25 jenis, kemudian kegiatan penghijauan oleh Kodim 0402/OKI sebanyak 100 batang, ditambah penanaman oleh Sinarmas Group, yang bergerak di bidang HTI sebanyak 29.868.100 batang.

“Realisasi ini over target, kita menargetkan sebanyak 30.000.000 batang untuk setahun,” tutur Rosidi.

Masih kata Rosidi, sejak 2011 Kabupaten OKI  sudah menanam sebanyak 36 juta batang pohon, kemudian tahun 2012 sebanyak 42 juta batang pohon, hasil penanaman yang dilakukan oleh pemerintah, pelajar, dan Farum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) OKI, selain itu juga didukung oleh perusahaan yang bergerak di bidang HTI yang beroperasi di OKI.

Realisasi penghijauan di OKI, merupakan pencapaian tertinggi dibandingkan pencapaian beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel). “Alhamdulillah untuk realisasi penghijauan di OKI mendapat pencapaian tertinggi dibanding beberapa daerah lain di Sumsel,” ucap Rosidi para pencinta penghijauan bisa melakukan selfi bersama pohon yang ditanam dan bisa dilihat oleh dunia melalui kecanggihan sekarang ini.

Disebutkan Rosidi, wilayah yang menjadi target penghijauan yakni, seluruh kecamatan yang tersebar di OKI terutama di lingkungan kantor pemerintah dan lingkungan sekolah. “Beberapa wilayah yang memiliki kantor pemerintah dan gedung sekolah adalah lahan potensial untuk penghijauan,” Pungkasnya.

(Novi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.