Pelajar Tingkat SMA Se OKI diperkenalkan 5W+1H

Pelajar Tingkat SMA Se OKI diperkenalkan 5W+1H
Spread the love

Jurnalline.com, KAYUAGUNG,– Bupati OKI Iskandar SE menerima pelatihan eco jurnalism 2016  yang diikuti perwakilan siswa dan siswi yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis (3/3).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari, Rabu-Kamis (2-3/3) tadi, didukung Sampoerna Agro dan Kabag Humas dan Protokol, Forum Jurnalis OKI, komunitas konservasi lingkungan, SeeForest, Polres OKI, dan rumah pintar bende seguguk.

Bupati, setelah menerima para pelajar di teras pintu masuk kantor Pemerintah Daerah (Pemda) dengan duduk di kursi, Iskandar memberikan semangat kepada pelajar agar lebih giat dalam belajar. Iskandar meminta kepada pemuda harus tetap semangat dan jangan jadi pemuda yang lemah. Begitu juga, ketika berjabat tangan dengan pejabat, jangan sampai pemuda itu berjabat tangan dengan bagian kepala tertunduk.

“Saya minta kalau berjabat tangan dengan seorang pejabat pemuda jangan tunduk harus busungkan dada, tunjukan semangat pemuda jangan merundukan kepala itu tidak benar,” kata Iskandar kepada pemuda junarlis.

Kemudian bupati tanpa segan-segan mengajak para pelajar untuk melihat ruang kerjanya, setelah para jurnalis melihat-lihat ruang kerjanya, Iskandar mengajak berfoto bersama di kursi kerjanya, karena menurutnya, ada kemungkinan anda-anda pemuda bisa duduk di kursi jabatan ini. “Anda bisa duduk dan menjabat nantinya dengan bekerja keras,” kata Iskandar seraya berfoto bersama pelajar dengan salam komando satu persatu.

“Kayak berfoto dengan kakak kelas,” ucap Iskandar yang selalu menebar senyum. Bupati selama berfoto bersama pelajar, dirinya merasah canggung, dan ada yang kurang dirasakannya. “Sepertinya, ada yang kurang di dalam berfotonya. Oh ya, cincin biru saya tidak kelihatan dengan kamera,” canda Iskandar dihadapan Sekda H Husin SPd MSi, Asisten 3 Masherdata Muzai, Kadin Pendidikan Drs H Zulkarnain MM, Parluhutan Sitohang, managing director PT Sampoerna Agro, Region Sumatera. Kepala Sekolah SMA Negeri Kayuagung, Drs Sugiyono MM, Andromeda Mercury, News Anchor TV One, Imron Rahmadi.

Setelah berfoto bersama di ruang kerja, para junarlis tadi beranjak ke SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung, untuk melanjutkan materi. Para siswa jurnalis tadi, juga diajak untuk mengenali dan menjaga lingkungan dengan menanam pohon penghijauan. Setelah, jambore jurnalis muda berwawasan lingkungan berlangsung, baru para pelajar ini merasakan bagaimana jadi seorang jurnalis benaran, ketika trainer Andromeda Mercury memberikan materi tentang cara menulis berita dengan 5 W + 1 H. Karena seorang wartawan dituntut untuk mematuhi asas tersebut.

Ardian Indra Putra koordinator CSR Sampoerna Agro mengatakan, ini kegiatan yang mulia bagi pelajar untuk mengenal lebih dekat jurnalis. Dengan diikuti perwakilan 17 sekolahan di tingkat SMA sederajat se OKI, membuat pelajar paham menulis dengan dasar dan trik penulisanan jurnalis menggunakan (5 W + 1 H), What, Who, Why, When, Where, dan How.

“Tujuan dari dilaksanakan kegiatan jambore jurnalis muda berwawasan lingkungan ini agar pemuda pelajar mengenal sejarah singkat media dan perkembangan media saat ini,” kata Ardian.

Ditambahkan, Ketua Forum Jurnalis OKI Idham Syarif peserta juga memperoleh dasar dan trik penulisan jurnalis (5 W + 1 H) dari What (apa yang terjadi), Who (siapa yang terlibat dalam kejadian tersebut), Why (mengapa terjadi), When (kapan terjadinya), Where (di mana terjadinya), dan How (bagaimana cara terjadinya).

“Seorang penulis harus paham ilmu dasar jurnalis,” tutur Idham yang akrab disapa Ata.

Sementara itu, seorang pelajar SMK 1 Mesuji Raya, Tri Firmansyah mengatakan, dengan ikutnya pelatihan jurnalistis ini sangat berarti baginya karena bisa berfoto bersama Bupati OKI H Iskandar. “Saya bisa berfoto dan melihat ruang kerja bupati,” ujar Tri.

(Novi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.