Rangkaian 13 Dan 14 Gerbong Kereta Api, Bulan April Dioperasikan

Rangkaian 13 Dan 14 Gerbong Kereta Api, Bulan April Dioperasikan
Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Kereta Api Indonesia (PT KAI) akan mengoperasikan dua rute kereta api yang dibuat dengan rangkaian panjang pada April mendatang. Kedua rute kereta api tersebut adalah KA Kertajaya tujuan Jakarta-Surabaya dan KA Tawang Jaya tujuan Jakarta-Semarang.

“Mulai 1 April 2016, PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan KA Kertajaya rangkaian panjang secara reguler, sebelumnya KA tersebut berjalan fakultatif hanya pada hari Rabu, Jumat dan Senin dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 23.15 WIB, ” kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Bambang S. Prayitno, melalui siaran tertulis, Rabu (30/3/2016).

“KA Kertajaya melayani rute Stasiun Pasar Senen (Jakarta) – Stasiun Surabaya Pasarturi (Surabaya) yang semula hanya terdiri dari 8 kereta (gerbong) penumpang, menjadi 13 kereta (gerbong) penumpang kelas ekonomi,” sambung Bambang.

Sementara untuk KA Tawang Jaya akan mulai dioperasikan pada tanggal 4 April 2016. KA Tawang Jawa ini sebelumnya terdiri dari 7 gerbong, akan ditambah menjadi 14 gerbong.

“Sehingga tersedia 1.512 seat, atau dua kali lipat dari kapasitas angkut normal. Keberangkatan KA Tawang Jaya dari Stasiun Pasar Senen yakni pukul 23.00 WIB. Tiket KA Tawang Jaya dijual dengan tarif komersial Non PSO antara Rp 75.000-Rp 140.000,” urai Bambang.

Bambang menyebut penambahan rangkain KA Tawang Jaya ini menggunakan gerbong dari rangkaian KA Tegal Arum. Karena itu, mulai tanggal 4 April 2016 KA Tegal Arum dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Tegal ditiadakan perjalanannya.

“Sebagai alternatif bagi penumpang yang akan bepergian dari Pasar Senen ke tujuan Tegal masih bisa menggunakan KA Tawang Jaya, KA Tegal Bahari keberangkatan dari Gambir, KA Menoreh dari Pasar Senen, dan KA Cirebon Ekspress dari Gambir pukul 11.15 WIB dan 18.45 WIB,”Pungkas Bambang.

{Zeet/JA/Red}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *