Tiga Kriteria Partai Hanura Dukung Ahok

Tiga Kriteria Partai Hanura Dukung Ahok
Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Partai Hanura menyebut ada tiga kriteria yang harus dipenuhi calon kepala daerah. Tiga kriteria itu dimiliki oleh Calon Gubernur (cagub) petahana DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok). Apa saja?

“Paling tidak ada tiga prasyarat minimal bagi calon yang akan diusung, akseptabilitas bahwa ketika calon ini dapat diterima di masyarakat. Kedua kapabilitas berkaitan dari sisi kompetensi dan manajerial manakala yang bersangkutan terpilih sebagai kepala daerah,” kata ketua DPP Partai Hanura, Sarifuddin Sudding di Jakarta Pusat, Rabu (17/3/2016).

“Ketiga integritas, menyangkut rekam jejak, komitmen ketika yang bersangkutan terpilih apakah memenuhi janji politiknya. Ketika melihat sosok Ahok saya kira kriteria ini terpenuhi,” tambah Sudding.

Dalam pembicaraan internal Hanura, para pengurus sepakat bahwa Ahok mememenuhi tiga kriteria tersebut. Hanura juga tidak mempermasalahkan soal jalur independen yang dipilih oleh Ahok.

Menurut Sudding, jalur independen juga diatur oleh Undang-Undang. Menanggapi wacana komisi II DPR untuk merevisi UU no 8 tahun 2015 tentang Pilkada yang akan memperberat syarat calon independen di Pilkada Serentak, dia mengusulkan bila jalur partai politik (parpol) juga harus dinaikkan.

“Saya kira kalau ke arah sana, dukungan parpol juga dinaikkan supaya linear. Jadinya proporsional. Jadi tidak hanya dukungan kepada calon independen (dinaikkan) 20 persen tapi juga dukungan untuk parpol,” pungkas Sudding.

{Zeet/jethro/Red}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *