Hama Tikus Serbu Lahan Pertanian Rorotan

Hama Tikus Serbu Lahan Pertanian Rorotan
Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Nasib petani padi rorotan di wilayah Jakarta Utara, nampaknya mengalami kekecewaan, pasalnya ratusan hektar sawah milik petani Rorotan Cilincing Jakarta Utara gagal panen, sebab lahan persawahannya padinya diserbu hama  tikus.

Mereka yang berprofesi sebagai petani yang berjumlah ratusan orang ini di duga telah mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah. Hampir 70 -80 persen tanaman padi dari total lahan sekitar 400 hektar rusak. Sedangkan yang bisa dipanen hanya menghasilkan gabah sekitar 7 ton.

Menurut Ketua Gabungan Kelompok Petani (Gapokta) Rorotan, Abdul Khadir membenarkan sawah yang ada di Rorotan habis diserang tikus. Akibat serangan tersebut lahan persawahan sekitar 436 Ha yang di kerjakan oleh 6 kelompok tani dengan jumlah petani 213 orang hanya 10 persen saja yang bisa dipanen.”Padi sulit diselamatkan lagi saking banyaknya hama tikus,” terang Abdul Khodir, Senin (25/4).

Menurut Abdul Khadir akibat gagal panen petani diperkirakan rugi mencapai miliaran bila dihitung setiap hektar sawah membutuhkan biaya antara Rp4 hingga Rp5 juta. “Padahal sekarang harga beras sedang bagus,” ujarnya kepada pers. Saat di kontak via ponselnya kepada pers, ketika ia melakukan peninjauan ke persawahan yang terkana dampak dari serbuan hama tikur, minggu sore.

( bil/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.