Indonesia Tidak Mengakui Kosovo

Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Presiden Serbia Tomislav Nikolic mengakui Indonesia sebagai sahabat. Dalam kunjungannya kali ini Nikolic mengucapkan terima kasih karena Indonesia tidak mengakui eksistensi Kosovo.

Tomislav mengatakan, fakta bahwa Indonesia tidak mengakui Kosovo dan mendukung kedaulatan dan teritori Serbia. “Atas nama Serbia dan atas nama saya, saya ingin berterima kasih. Serbia sangat menghargai Indonesia karena Indonesia tidak mengakui Kosovo di Bank Dunia. Begitu pula karena Indonesia menolak penerimaan Kosovo di UNESCO,” kata Nikolic di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2015).

Dia mengaku mulai khawatir karena sejumlah negara mulai mengakui Kosovo. Menurutnya, hal itu bisa memicu ISIS untuk memproklamirkan diri sebagai sebuah negara.

“Posisi Indonesia yang kuat sebagai negara islam yang terbesar dan terkait soal Kosovo sangat kami hargai. Saya memberitahukan Bapak Presiden Joko Widodo masalah Kosovo dan banyak masalah ekstremisme dan banyak masalah orang Albania yang terkait dengan ISIS,” kata Nikolic.

Dalam keterangan tertulisnya, Kementrian Luar Negeri (Kemlu) menyebutkan Indonesia mendukung segala kesepakatan untuk tercapainya dialog perdamaian dan segala upaya dari Beograd (ibukota Serbia) dan Pristina (ibukota Kosovo) untuk menemukan solusi. Indonesia berpegang pada Piagam PBB dan resolusi dari Dewan Keamanan PBB.  (Jon/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.