Master plan Lahan eks Pasar Ikan Luar Batang, Belum Ada???

Master plan Lahan eks Pasar Ikan Luar Batang, Belum Ada???
Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah melangsungkan penertiban di kawasan Pasar Ikan, Luar Batang, Penjaringan, Jakarta UtaraNamun belum ada rencana induk atau master plan secara detail soal penataan kawasan Wisata Bahari dan Luar Batang.

“Belum ada master plan-nya. Saya sedang mengumpulkan semua. Pertanyaannya mau dibikin apa? Nah itu yang masih dirancang. Desain rinci belum,” ujarDeputi Gubernur DKI Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Oswar Muadzin Mungkasa di Balai Kota, DKI Jakarta, Selasa (26/4/2015).

Perencanaan penataan belum dibuat karena Pemprov DKI akan memastikan lebih dulu kawasan itu, sudah kembali ke fungsi awal sesuai dengan Peraturan Daerah DKI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR-PZ‎).

“Iya, kami mau memastikan dulu semua peruntukkan itu sesuai dengan RDTR. Kasusnya sama kayak Kalijodo, Kampung Pulo. Itu kan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan kami bebaskan, mau dikembalikan ke fungsinya. Semua mengikuti RDTR dan itu butuh waktu lama,” imbuh dia.

Untuk membuat desain harus ada koordinasi dengan Dinas terkait, semisal Dinas Tata Kota, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Air.

“Harusnya ada Dinas Tata Kota tapi kan mencakup beberapa dinas termasuk Dinas pasar, Pariwisata, Perikanan, dan banyak. Tidak semudah yang dibayangkan. RDTR sudah ada tapi kalau skala rinci belum ada,” kata Oswar.

Di tempat terpisah, anggota komisi B DPRD DKI Jakarta, Hj. Ida Mahmudah  mengatakan bahwa  sebelum ada master plan peruntukan lahan eks pasar ikan Luar Batang, seharusnya Pemprov DKI Jakarta, jangan terburu-buru warga yang tinggal di sekitar lahan tersebut,”DPRD DKI Jakarta, juga harus tahu, master plannya, sehingga kami bisa ikut mengawasi peruntukan lahan eks Pasar Ikan Luar Batang itu,”tukas Ida yang juga anggota Fraksi PDI-Perjuangan DPRD DKI Jakarta kepada pers di DPRD DKI Jakarta .

( IDG/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.