Penyuluh Ujung Tombak di Lapangan Sebagai Pendamping Petani

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung Guna mensukseskan Swasembada pangan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) penyuluh merupakan ujung tombak dilapangan dimana salah satu tugasnya adalah mendampingi para petani dalam meningkatkan produksi pangan hal tersebut telah dicapai ditahun 2015.

Bertempat di ruang bende seguguk II Kantor Bupati OKI, Pertemuan teknis penyuluh dengan tema tingkatkan kopetensi SDM penyuluh dan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka mensukseskan visi dan misi membangun OKI dari Desa, rabu (1/6/2016).

“Penyuluh merupakan unjung tombak dari apa yang menjadikan harapan kami, cita-cita dari visi Kabupaten OKI dan Masyarakat Khususnya untuk memberdayakan pangan serta memberikan apresiasi atas kerja keras selama ini,”tutur Iskandar.

Disampaikannya sekarang ini sumber energi yang tidak bisa diperbaharui sudah mulai menipis.kita sudah menyadari gas, minyak, batubara dan sumber energi lainnya sudah mulai menipis. Maka dalam hal ini kita kita memfokuskan pada sumber energi yang dapat diperbaharui yaitu melalui para petani dengan memberdayakan para petani dalam peningkatan produksi pangan untuk kesejahteraan dan kelangsungan kehidupan bersama,”ungkapnya.

Kepala BP4K OKI Ir Imlan Kairum MSi menjelaskan pertemuan teknis penyuluh ini bertujuan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan, menyusun rencana kerja penyelenggaraan penyuluhan pertanian tingkat kabupaten, menyusun matrik pengawalan dan pendampingan penerapan rekomendasi tehnologi spesifikasi lokasi,” jelasnya.

Lanjut imlan, menyusun rencana, evaluasi dan supervise terhadap kegiatan-kegiatan penyuluhan baik pertanian, perikanan dan kehutanan serta mensosialisaikan lokasi baik desa maupun Kecamatan penerima kegiatan penyelenggaraan penyuluhan pertanian mendukung swasembada pangan berkelanjutan,”pungkasnya.

(Novi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.