Festival Cisadane Akan Kembali Digelar

Spread the love

Jurnalline.com, Tangerang – Pemkot Tangerang kembali akan menggelar Festival Cisadane yang berlangsung pada30 Juli hingga 6 Agustus 2016. Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disporparekraf) menjanjikan gelaran budaya tahunan kali ini akan berlangsung lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satunya adalah jumlah peserta perahu naga yang terlibat lebih banyak dari berbagai wilayah. Peserta tersebut meliputi perwakilan Jawa Barat sebanyak empat tim, Banten empat tim meliputi kota dan kabupaten, Kalimantan Timur dua tim, Cilacap dua tim bahkan hingga keikutsertaan peserta dari Papua.

Kepala Disporparektaf Rina Hernaningsih mengungkapkan, Festival Cisadane tahunini salah satunya bertujuan agar Sungai Cisadane menjadi lebih semarak. “Kita juga adakan dayung pelajar dan kayak,” ujarnya, Jumat (22/7/2016).

Rina mengungkapkan, pihaknya juga akan menghadirkan stand khusus UKM sebagai bentuk upaya pemberdayaan masyarakat yang menjalankan usaha. Tak ketinggalan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Tangerang dan 13 Kecamatan turut memeriahkan Festival Cisadane.

“Nanti akan ada produk unggulan Kota Tangerang yang disajikan para UKM. Kalau SKPD dan Kecamatan mereka menginformasikan seputar pembangunan dan ada juga berbentuk pelayanan seperti akta sehari jadi oleh Dukcapil dan lainnya,” imbuhnya.

Selain menjadi hiburan masyarakat, lanjut Rina, Festival Cisadane juga sebagai upaya pelestarian budaya. Dimana dalam penyelenggaraan tersebutakan diadakan parade perahu hias dan lomba tari tradisional. Kemudian ada pentas seni Beksi Tarian Lenggang Cisadane, Palang Pintu dan lainnya.

“Lomba perahu itu sudah ada sejak lama dan tari tradisional yang kian surut peminatnya. Ini yang harus kita lestarikansebagai aset Kota Tangerang agar tidak terjadi kepunahan,” tuturnya kepada awak media, Jumat (29/7/2016).

(IDG/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.