Dari Subuh Warga Antri Ikut Tax Amnesty

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Ramai-ramai  mengikuti pengampunan pajak (tax amnesty), antusiasme masyarakat semakin tinggi. Program yang digagas pemerintah dalam rangka mereformasi sistem perpajakan negara ini semakin menunjukkan taringnya. Itu terlihat dari antrean yang terjadi di Kantor Pelayanan Pajak Taman Palem, Cengkareng, Kamis (29/09/16) pagi. “Dari jam 5 subuh sudah pada ngantre, pelayanan kami sampai jam 10 malam. Seminggu ini ya begini, mungkin besok lebih banyak lagi,” ujar Dewi salah seorang pegawai yang bertugas.

Pantauan jurnalline.com, tampak antrean membludak di tempat yang telah disiapkan oleh panitia tax amnesty, kantor ini memang menjadi salah satu tempat yang kerap didatangi oleh wajib pajak untuk mendaftar tax amnesty. Kantor ini salah satu lokasi diperbolehkannya wajib pajak di wilayah Cengkareng Jakbar untuk mendaftar tax amnesty.

Tempat antrean pengambilan nomor ini menjadi lokasi pertama wajib pajak mendaftar tax amnesty, yang nantinya sekitar 20an peserta akan dipanggil setiap 15 menit sekali untuk mengikuti proses tax amnesty.

Informasi yang didapat dari salah seorang staf yang bertugas di lokasi ini, antrean pengambilan nomor dimulai sejak pukul 05.00 WIB. Hal itu telah berlangsung sekitar seminggu terakhir ini. ” Tadi saya nyampe sini jam 6an, ini saya dapat nomor antriannya103. Siangan aja nanti kesini lagi,” kata salah satu peserta tax amnesty.

Antrian mencapai puncaknya setiap jam 13.00 usai istirahat, diprediksi antrean ini akan semakin bertambah pada hari terakhir periode I tax amnesty besok, Jumat (30/9/16). Antr ian ini diisi oleh para wajib pajak yang berasal dari berbagai macam profesi, ada Ibu rumah tangga, pegawai kantoran yang sengaja izin dari kantornya, hingga mahasiswa/i yang mewakili untuk mengurus tax amnesty.

“Sudah dari jam 5 pagi ambil nomor, ini balik lagi kesini” ujar Lupita (22), salah seorang peserta tax amnesty yang sedang menunggu antrean.

Perluasan basis pajak dan kesadaran akan pajak memang menjadi hal utama sasaran tax amnesty. Sebagai target jangka panjang, penerimaan pajak juga diharapkan dapat jauh lebih baik dan transparan.

Guna meningkatkan pelayanan yang maksimal bagi para wajib pajak yang ingin melakukan pendaftaran tax amnesty, Ditjen Pajak membuka layanan pada KPP di wilayah Jakarta, yakni menambah jumlah KPP di beberapa lokasi, di antaranya: KPP di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Khusus, KPP di lingkungan Kanwil DJP WP Besar, KPP Madya di lingkungan Kanwil DJP Jakarta.

(Rod/Jon/Mil/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.