Program Sekolah Sehat, Upaya Latih Anak Terapkan PHBS Sejak Dini

Spread the love

Jurnalline.com, Tangerang – Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin, sangat menyambut baik atas upaya dari PT. Unilever Indonesia yang memberikan pelatihan dan wawasan kepada unsur tenaga pendidik untuk turut menjadi agen informasi dan perubahan terhadap implementasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat khususnya di lingkungan sekolah.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan Training of Trainers (ToT) dan Workshop Program Sekolah Sehat yang digagas PT. Unilever Indonesia, Bina Masyarakat Peduli (BMP) bersama Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Kota Tangerang di Ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Jum’at (30/09).

Menurutnya sehat itu segalanya dan sebuah kenikmatan yang patut disyukur, karena dengan kondisi tubuh yang sehat kita semua bisa melakukan berbagai aktivitas. Diantaranya memberikan pelayanan kepada masyarakat, belajar serta mengajar.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya mewujudkan lingkungan serta masyarakat yang sehat yang diimplementasikan melalui program Tangerang Sehat, yang salah satu fokus perhatiannya terhadap peningkatan kesadaran masyarakat melalui sosialisasi PHBS.

“Kesehatan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi dengan baik dan tepat. Sejak dini, anak-anak harus mulai dilatih untuk dapat menerapkan PHBS dalam kesehariannya khususnya saat di sekolah,” pesannya dihadapan para perwakilan sekolah.

Melalui Program Sekolah Sehat ini, Sachrudin berharap, anak-anak sebagai generasi penerus Kota Tangerang dan Bangsa Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, karena adanya dukungan lingkungan sekolah yang sehat, yang menerapkan PHBS. Seperti halnya PHBS yang juga telah diterapkan melalui penyediaan kantin sehat di sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangerang.

Terkait peran perusahaan didalam mendukung setiap program pemerintah, Sachrudin tentunya sangat mengapresiasi dan berharap akan selalu hadir perusahaan swasta yang peduli terhadap kemajuan masyarakat dan Kota Tangerang. Tak hanya PT. Unilever Indonesia, tapi kedepan diharapkan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Tangerang juga dapat turut ambil bagian untuk senantiasa mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Kita semua satu kesatuan. Mari bersama-sama kita wujudkan pembangunan sumber daya manusia yang sehat demi terwujudnya masa depan kota yang semakin maju dan sejahtera,” ajaknya.

Dalam kesempatan ini, Sachrudin juga menyatakan komitmennya dengan menempelkan stiker 5 jari sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Program Sekolah Sehat di 66 sekolah yang didukung  PT.Unilever Indonesi-BMP   di wilayah Kota Tangerang.

Sementara, Executive Director BMP selaku mitra PT. Unilever, Salahudin Hakim menerangkan, 66 sekolah tingkat Sekolah Dasar Negeri, Swasta serta madrasah yang tersebar di 13 kecamatan, menjadi target pelaksanaan Program Sekolah Sehat.

Adanya kegiatan ToT Program Sekolah Sehat ini, diharapkan mampu membantu meningkatkan angka kesadaran terkait kesehatan dan kebersihan, sehingga diharapkan dapat turut membantu dalam pencegahan penularan berbagai penyakit yang dapat menyerang kapan saja dan di mana saja.

Kegiatan ToT ini dihadiri oleh perwakilan guru yang kami harapkan dapat memberikan dampak perubahan pada perilaku dimasyarakat khususnya bagi anak-anak di sekolah. Terutama terkait dengan enam (6) hal yaitu cara mencuci tangan pakai sabun, sikat gigi pagi dan malam, toilet, kamar mandi, dan lantai bersih higienis, minum air bebas kuman, makanan beragam, bergizi seimbang dan aman serta pengelolaan sampah sekolah.

(DN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.