Anggota Satgas Armed 12 Kostrad Dapat Senjata Api Smith & Wesson di Kebun

Spread the love

Jurnalline.com, Halmahera (Maluku Utara) – Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 12 Kostrad, anggota Pos 4 SSK III / Lede A.n.Letda Arm Muhammad Asdar (Danpos) dan Koptu Kamaruddin  (Tabakpan) telah memperoleh 1 pucuk senjata pistol organik Revolver Cal 38, Model Smith & Wesson 65-5, 8 butir Mu Cal 9 mm dan 3 butir Mu Cal 45 dari warga masyarakat yang tidak mau disebutkan identitasnya di Dusun Permata  Desa Lede Kec. Lede Kab. Halmahera Selatan Prov. Maluku Utara.

whatsapp-image-2016-10-26-at-14-13-59Kejadian ini bermula pada hari Minggu tanggal 12 Oktober 2016 pukul 09.15 WIT, Letda Arm Muhammad Asdar dan Koptu Kamarudin  melaksanakan kegiatan anjangsana ke rumah Bapak X di Dusun Permata Desa Lede. Bapak X merupakan salah satu warga yang sudah  kenal secara dekat dengan anggota pos, yang bersangkutan juga sering membantu kegiatan pos baik kegiatan di dalam maupun di luar pos.

Pada kegiatan anjangsana tersebut Letda Arm Muhammad Asdar dan Koptu Kamarudin membicarakan tentang kondisi dan situasi keamanan di Desa Lede. Letda Arm Muhammad Asdar juga menyampaikan agar kondisi yang sudah aman ini tetap dipertahankan oleh semua warga demi menjaga stabilitas keamanan nasional. Danpos menghimbau supaya masyarakat yang masih memiliki atau menyimpan senjata baik berupa senjata rakitan maupun senjata standar supaya diserahkan. Danpos berjanji tidak akan memproses hukum bagi warga yang dengan sukarela menyerahkan senjatanya kepada Satgas. Setelah perbincangan selesai, Danpos beserta anggotanya pamit kembali ke Pos.

Pada tanggal 14 Oktober 2016 pukul 10.10 WIT, Bapak X  mendatangi Pos 4 SSK III/Lede dengan maksud ingin bertemu dengan Letda Arm Muhammad Asdar. Bapak X menyampaikan bahwa dirinya pernah menimbun satu pucuk senjata standar beserta munisinya di kebun, yang bersangkutan menyembunyikan senjata dan munisi tersebut karena takut ketahuan oleh aparat sehingga akan mendapatkan sangsi hukuman. Karena beberapa hari yang lalu Danpos pernah menjelaskan tentang jaminan keamanan bagi warga yang menyerahkan senjatanya dengan sukarela, maka Bapak X memberanikan diri untuk bercerita kepada Letda Arm Muhammad Asdar. Bapak X mengajak Letda Arm Muhammad Asdar untuk sama-sama mencari senjata dan munisi tersebut di kebun pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2016.

Pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2016 pukul 08.00 WIT, Letda Arm Muhammad Asdar dan Koptu Kamaruddin berangkat menuju kebun milik Bapak X sambil mengingat-ingat lokasi penimbunan senjata dan munisi tersebut. Setelah dilakukan pencarian, pada akhirnya ditemukan lokasi penimbunan yang dimaksud. Bapak X segera melaksanakan penggalian untuk mengambil senjata dan munisi miliknya. Setelah penggalian selesai, didapat 1 pucuk senjata api organik Jenis Revolver Cal 38, Smith & Wesson 65-58,Mu Cal 9 mm dan 3 butir Mu Cal 45. Selanjutnya Bapak X menyerahkan senjata dan munisi tersebut kepada Letda Arm Muhammad Asdar.

Letda Arm Muhammad Asdar dan Koptu Kamaruddin kembali ke Pos dengan membawa senjata tersebut.Kemudian pada pukul 12.00 WIT, Danpos melaporkan perolehan senjata tersebut kepada Danki SSK III A.n. Kapten Arm Suparno. Saat ini 1 pucuk senjata api Smith & Wesson beserta munisi sudah diamankan di Pos 4 SSK III/Lede.

(Dian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.