Kombes Ricky: Menjaga Kekompakan dan Kebersamaan antar Sesama Manusia

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Persadaan Warga Berastagi dan sekitarnya (PWBS) di Jakarta, menggelar silaturahmi akbar dalam rangka memperingati 25 tahun keberadaan paguyuban tersebut (HUT Perak), pada  22 Oktober 2016  di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Theatre Bhineka Tunggal Ika, Jakarta Timur.

img_7473Tampak hadir juga mantan Kapolres tanah Karo,dengan menggunakan kemeja lengan panjang berwarna coklat  di dampingi oleh seorang ajudan. Berbicara tentang taneh Karo (masyarakat kabupaten Karo).

“Saya selalu tidak lupa melakukan pendekatan lewat jalur budaya dan kebudayaan, karena filosofi suku Karo adalah tidak lepas dari kekerabatan ‘rakut sitelu, tutur siwaluh’ (sikap hormat mengormati, baik itu tua atau muda, miskin atau kaya, dan tidak membeda-bedakan) antar sesama manusia.”

Termasuk kasus tindak kriminal dan kekerasan desa Sinulingga-Kabupaten Karo beberapa bulan yang lalu. “Memecahkan masalah dengan masyarakat bukanlah dengan cara menunjukkan kekuatan lagi (of force) dari kita sebagai institusi kepolisian. Untuk itu, persoalan demi persoalan nantinya akan terurai tahap demi tahap. Termasuk nanti kedepan rencana Kapolri mengunjungi Tanah Karo dalam konteks kunjungan kerja dalam konteks persoalan persoalan masyarakat Karo, seperti Narkoba, penularan HIV, perjudian dan sebagainya. Kehadiran Kapolri nantinya dapat membuahkan hasil, menjadi masyarakat yang mandiri, dengan kata lain (sipesikap kutanta),” tegas Kombes Pol Drs Ricky F Wakanno.

Acara yang dihadiri lebih kurang 500 orang serta segenap keluarga besar masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat Berastagi dan sekitarnya silaturahmi ini juga  dihadiri Pangkostrad Letjend TNI Edy Rahmayadi, Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana SH, Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari, Letkol CHK Makmur Surbakti SH dan M Dalwan Ginting SH sebagai ketua panitia bersama dalam acara persatuan masyarakat Berastagi.

Kehadiran Pangkostrad Letjend TNI Edy Rahmayadi karena sangat dekat dan sudah menjadi bagian dari masyarakat Karo. “Apalagi saya pernah menjabat sebagai Pangdam Bukit Barisan-Sumatra Utara. Kami peduli dan penuh perhatian saat penanganan korban erupsi gunung Sinabung, beberapa waktu lalu, dan saya mempunyai kedekatan emosional dengan masyarakat Karo khususnya,” ungkapnya Jendral berbintang dua ini.

Acara yang dihelat di Taman Mini Indonesia Indah ini turut dimeriahkan artis artis dan musisi ternama dari Karo seperti Ramona Purba, Aloy Band Rockaro, Vulcano Semb, Erik Sihotang untuk menghibur masyarakat Jakarta, khususnya Karo.

(DMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.