KPUD DKI Jakarta Tetapkan 3 Pasang Calon Gubernur

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno, Senin (24/10), menetapkan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017 setelah memenuhi hasil verifikasi persyaratan pencalonan dan syarat calon yang ditetapkan KPU DKI.

Tiga pasangan calon yang telah memenuhi syarat antara lain Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Nasdem.

Pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Koalisi Cikeas terdiri dari Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN. Lalu pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS.

Penetapan 3 pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur itu, disambut antusias massa pendukung dari masing-masing pasangan.

Pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, hadir di rapat pleno penetapan yang digelar oleh KPU DKI Jakarta ini. Sementara pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat tidak hadir, dan hanya diwakil oleh Ketua Tim Sukses-nya, Prasetyo Edi Marsudi.

Sementara itu, menurut Ketua Tim Pemenangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat Prasetyo Edi Marsudi, mengungkapkan alasan mengapa pasangan Ahok -Djarot tak hadir dalam penetapan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, di Balai Sudirman, Jakarta, Senin (24/10).

Menurut Prasetyo, Ahok berhalangan hadir karena tengah menyelesaikan kasus dugaan penistaan agama terkait surat Al Maidah 51 di Bareskrim Polri. Selain itu, ia juga menyatakan Ahok masih sedang masa tugas sebagai gubernur DKI Jakarta, karena belum resmi cuti.

”Pak Ahok masih kerja, belum cuti,kan baru tanggal 28 Oktober cutinya. Selain itu juga habis klarifikasi di Bareskrim,” ucap Prasetyo, yang datang mewakili pasangan Ahok-Djarot.

Selain alasan tersebut, Ketua DPRD DKI itu juga menjelaskan, Ahok -Djarot sedang mengurus berkas-berkas jelang masuk masa cuti. Sehingga, tidak ada kerjaan yang tertinggal nantinya. ”Sedang disiapkan mana saja tugas yang belum selesai untuk dikerjakan (Plt) nantinya,”ucap Prasetyo.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno hadir dengan menggunakan kemeja putih. Mereka hadir setelah Agus Yudhoyono -Silvyana Murni hadir lebih dulu.

(IDG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *