Penutupan TAFISA GAME 2016

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Acara penutupan TAFISA GAME 2016 yang dilaksanakan di ancol pada selasa 11/oktober/2016 dengan berbagai rangkaian yang sangat meriah. Perhelatan akbar festival olahraga rekreasi masyarakat dunia, TAFISA Games 2016 resmi berakhir dalam sebuah upacara penutupan yang diliputi oleh suasana dan semangat persahabatan yang begitu hangat dan penuh sukacita yang ditebarkan oleh seluruh peserta dari 87 negara.

Upacara Penutupan yang digelar di pinggir pantai Carnaval ABC Mall, Taman Impian Jaya Ancol pada Selasa malam dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Panitia Pelaksana TAFISA Games 2016 Hayono Isman dan didampingi oleh Presiden The Association For International Sport for All) TAFISA Prof. DR. Ju-Ho Chang, Wakil President TAFISA Catherine Forde, Sekretaris Jenderal Wolfgang Baumann dan Perwakilan Pemerintah Portugal  Vitor Pataco serta para delegasi nasional dan mancanegara. Ju-Ho Chang menyampaikan, “Jakarta, kalian sudah melaksanakan tugas sebagai pelaksana acara ini dengan begitu mengagumkan untuk kami semua. Kami begitu berterima kasih. 

Upacara Penutupan yang disemarakkan oleh sejumlah penampilan seni budaya seperti tari Jatilan, Reog Ponorogo, Tarian Gilang Indonesia Gemilang dan beberapa persembahan lagu itu juga menampilkan video ringkasan penyelenggaraan festival olahraga rekreasi dan permainan tradisional yang dihelat sejak tanggal 6 hingga 11 Oktober 2016 ini.

Kita mengharapkan TAFISA GAME ini bisa memicu semangat bagi generasi muda dan seluruh masyarakat  untuk terus berkreasi dan berprestasi lagi, serta menjadi ajang persahabatan bagi seluruh peserta di TAFISA GAME, ” AYO BERGERAK” dan masyarakatkan olahraga.ungkapan Imam Nahrawi saat penyampaian pidato singkatnya di penutupan TAFISA GAME.

Salah satu yang menjadi momen istimewa dalam acara ini adalah disampaikannya dokumen seruan bertajuk Jakarta Call for Action on Active Cities yang dihasilkan melalui Global Forum TAFISA yang diselenggarakan pada 9 Oktober 2016 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran dan menghadirkan sejumlah pembicara dari kalangan akademisi dan organisasi mancanegara. Dokumen ini disampaikan oleh Wakil Presiden TAFISA Catherine Forde yang berasal dari negara Trinidad & Tobago.

Puncak Upacara Penutupan ditandai dengan penyerahan bendera TAFISA dari Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi kepada Vitor Pataco, Wakil Presiden Institut Pemuda dan Olahraga Portugal selaku perwakilan dari pemerintah Portugal.  Presiden TAFISA Prof. DR. Ju-Ho Chang sempat menerima dari Menpora Imam dan mengibarkannya sesaat dengan penuh semangat. Kota Lisabon, Portugal terpilih sebagai kota penyelenggaraan TAFISA Games ke-7 di tahun 2020 mendatang. Sebelum momen penyerahan bendera TAFISA, Pemerintah Portugal sempat mempresentasikan video profile Portugal.

Momen yang paling mengharukan dan penuh kehangatan persahabatan begitu terasa saat seluruh Dewan Pemimpin TAFISA yang hadir di perhelatan TAFISA Games 2016 antara lain Presiden TAFISA Prof. DR. Ju-Ho Chang, Wakil President TAFISA Catherine Forde, Sekretaris Jenderal Wolfgang Baumann, Prof. DR. Yasuo Yamaguchi, Denis Karakasis dan DR. Mitra Rouhi Dehkordi naik ke atas panggung dan memanggil hampir seluruh anggota panitia pelaksana TAFISA Games 2016 dan Menteri Pemuda dan Olahraga untuk menyampaikan penghargaan tertinggi dan ucapan terima kasih dari TAFISA atas penyelenggaraan TAFISA Games 2016 yang mereka rasakan sebagai sebuah keberhasilan dan kegemilangan. Dewan Pemimpin TAFISA memberikan Sertifikat Terima Kasih kepada masing-masing perwakilan panitia.

Sekretaris Jenderal TAFISA Wolfgang Boumann berkali-kali menyampaikan ucapan terima kasih, khususnya kepada Presiden Joko Widodo, pemerintah dan segenap masyarakat Indonesia. “Indonesia bukan hanya berhasil menyelenggarakan TAFISA Games 2016, namun kalian semua juga sudah menginspirasi kami. Seandainya kami dapat bertemu dengan Presiden Joko Widodo, kami akan menyampaikan rasa terima kasih ini secara langsung,” ucap Boumann dengan penuh keharuan.
Sampai jumpa di TAFISA GAME Lisabon Portugal di tahun 2020!

(Putri Yani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.