Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 di Markas Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta –Pada hari Kamis tanggal 10 Nopember 2016 pukul 08.00 Wib s.d selesai bertempat di lapangan upacara Markas Kostrad telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 dengan Irup Irkostrad Brigjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H.

23-upacara-hari-pahlawan-di-makostrad-4
Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.
 
Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya,sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.
 
23-upacara-hari-pahlawan-di-makostrad“Untuk itu, penyelenggaraan peringatan hari pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara,”  hal tersebut disampaikan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa dalam amanatnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Ir Kostrad Brigjen TNI Besar Harto Karyawan,S.H pada upacara memperingati Hari Pahlawan tahun 2016 di Lapangan Apel Markas Kostrad,Gambir, Jakarta Pusat. Kamis (10/11).
 
Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti : taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan diri sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera, sebagai mana cita-cita para Pahlawan Bangsa.
 
Lebih lanjut disampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 ini mengambil tema “Satukan Langkah Untuk Negeri”. Tema ini mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan  untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini.
 
Selain itu melalui Peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, Peringatan Hari Pahlawan ini diharapkan dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh-kembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Mensos dalam sambutannya pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya agar menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.
 
Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 dihadiri oleh seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Markas Kostrad.
(Dian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.