15 SMP UNBK, 7 SMP Punya Unit Sendiri

Spread the love

Jurnalline.com, OGAN ILIR (SUMSEL) – Ujian Nasional (UN) tingkat SLTP memang baru akan di laksanakan di bulai Mei 2017 mendatang. Sejak tahun 2016 UN dibagi menjadi UN Berbasis Kertas alias Konvensional dan UN Berbasis Komputer (UNBK). Dari data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir (OI) untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baru dapat diikuti oleh 15 Sekolah dari 78 SMP Negeri dan swasta yang ada di OI dihimpun, UNBK merupakan program kementrian pendidikan yang seharusnya sudah dapat terealisasi secara menyeluruh secara nasional di tahun 2017.

Hal tersebut tentu sangat berimbang dengan menggeliat nya perkembangan teknologi sekaran. Namun apa mau dikata di sekolah sekolah yang jauh dari ibukota kabupaten, provinsi bahkan ibukota negara ketidak tersedian nya unit komputer membuat UNBK hanya isapan jempol bagi sekolah sekolah tersebut.

Kepala Bidang pembinaan SMP melalui  melalui Kasi Kurikulum SMP dinas Pendidikan dan Kebudayaan OI. Marsudi, S.Pd., MM.,  mengatakan dari 15 SMP tersebut baru 7 sekolah yang sudah mandiri alias mempunyai unit komputer sendiri.
“Karena tak memiliki unit sendiri 8 sekolah lainya masih UNBK dengan menggunakan unit milik SMA yang ada di kecamatan setempat. Jumlah nya bertambah, kalau sebelum nya hanya SMP IT Raudhatul Ulum sekarang ada 15 SMP,” ujar Marsudi, Senin (13/2/2016).
Adapun persiapan anak didik menghadapi UNBK tidak main-main. lanjut Marsudi, tak kurang sebanyak 3 kali Simulasi tata cara pengoprasian unit komputer, tata cara pengisian lembar jawaban hingga teknis agar mendapatkan nilai yang baik. karna integritas lebih di utamakan ketimbang mengejar peringkat atau nilai.
“Nilai UN tertinggi tahun 2016 diraih oleh siswa SMP 2 Kecamatan Rambang Kuang. saya lupa nama siswa dan besaran nilai UN nya,” terang Marsudi.
Dirangkum, berikut ke 15 SMP yang siap UNBK di bulan Mei 2017 mendatang:
SMP 1 Inderalaya
SMP  Islam Terpadu Raudhatul Ulum
SMP 1 Inderalaya Utara
SMP 6 Inderalaya Utara
SMP1 Inderalaya Selatan
SMP 2 Inderalaya Selatan
SMP 2 Tanjung Raja
SMP 3 Tanjung Raja
SMP Cinta Manis
SMP Sritanjung
SMP 1 Muara Kuang
SMP 1 Pemulutan
SMP 3 Pemulutan
SMP 7 Pemulutan
SMP Terbuka 7 Pemulutan
Dari 15 SMP yang UNBK, hanya 7 SMP yang telah Mandiri alias mempunyai peralatan unit komputer sendiri, yakni
SMP 1 Inderalaya, SMP IT Raudhatul Ulum, SMP 6 Inderalaya Utara, SMP Cinta Manis,  SMP Sritanjung, SMP 1 Pemulutan, dan SMP 7 Pemulutan.
(Arza) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.