Anoa 2 Memperkuat Kikav 8 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, PENKOSTRAD – Kompi Kavaleri 8 Kostrad merupakan Satuan dengan semangat baru, siap melaksanakan tugas-tugas yang semakin kongkrit pada program tahun 2017 ini. Mereka bisa berbangga hati karena telah diberikan suatu kepercayaan besar oleh komando atas dengan didatangkannya Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) baru, Selasa (31/1).

Alutsista yang baru tiba tersebut terdiri dari 3 unit kendaraan tempur (Ranpur) jenis Panser Anoa 2, yang merupakan produksi dalam negeri dari PT. Pindad Indonesia. Ketiga unit Ranpur ini memiliki Jenis dan fungsi yang berbeda-beda, antara lain Anoa 2 Commando yang digunakan sebagai kendaraan taktis komandan, Anoa 2 Ambulance yang dipakai untuk mengevakuasi korban di medan yang tidak memungkinkan, serta Anoa 2 Recovery yang digunakan untuk pemulihan kendaraan lain yang terperosok atau mengalami kendala lain.

Kendaraan tempur Anoa 2 ini merupakan hasil penyempurnaan dari Ranpur jenis sebelumnya yaitu Anoa. Bagian yang telah mendapatkan pengembangan ini meliputi sistem suspensi, sistem pengereman,  sistem komunikasi dan persenjataan. Pada kendaraan tempur Anoa 2 ini juga dilengkapi sistem pendeteksi kerusakan melalui monitor kontrol yang berada di ruang kemudi. Sistem ini sangat membantu pengemudi, ketika Ranpur ini mengalami kendala, kendala tersebut segera diketahui sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan yang semakin parah.

Sementara itu, Komandan Kompi Kapten Kav Solikin menyampaikan, “Dengan datangnya Alutsista baru ini berarti tugas dan tanggung jawab kita juga semakin bertambah. Ranpur ini sudah dilengkapi dengan sistem pengoperasionalannya yang modern, untuk itu seluruh prajurit dituntut lebih professional dengan adanya Alutsista yang semakin canggih”.

Meskipun telah mendapat Alutsista baru, hal itu tidak semata-mata melupakan Alutsista yang lama seperti Saladin, Saracen dan Ferret. Kikav 8 Kostrad tetap melaksanakan pemeliharaan dengan maksimal, baik pemeliharaan harian, mingguan maupun bulanan.

(Dian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.