50 Nelayan Terima Bantuan Rumah

Spread the love

Jurnalline.com, BANYUASIN (SUMSEL) – 50 unit rumah khusus layak huni diserahkan Pemerintah Kabupaten Banyuasin kepada 50 warga yang hidup sebagai nelayan di Kecamatan Banyuasin II, Penyerahan rumah untuk 50 warga kurang mampu, diberikan secara langsung oleh Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM. didampingi sejumlah kepala OPD, Camat Banyuasin II, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat setempat.

50 kepala keluarga yang menerima rumah khusus kayak huni antanya, 25 kepala keluarga di Desa Muara Sungsang, 5 kepala keluarga di Desa Marga Sungsang, 5 Kepala keluarga di Desa Sungsang I, 5 kepala keluarga di Desa Sungsang II, 5 kepala keluarga di Desa Sungsang III, dan 5 kepala keluarga di Desa Sungsang IV, Kecamatan Banyuasin II, kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.
Plt Kepala Bappeda Litbang Ir. Zulkifli Idrus, M.TP yang diwakili Kepala Bidang Bappeda mengungkapkan, dalam laporannya, bahwa Pembangunan rumah khusus masyarakat pesisir merupakan program bantuan Kementerian PU-Pera melalui dana dekontrasi Tahun Anggaran 2015 sebanyak 50 unit rumah.
“Pemenuhan kebutuhan rumah terhadap masyarakat yang kurang mampu memiliki kebutuhan khusus dan belum mampu menyediakan rumah sendiri yang layak huni. Tahun 2015, Kabupaten Banyuasin menerima bantuan 50 unit rumah khusus untuk nelayan/petani yang tinggal di pesisir, dengan tipe 36 dan luas tanah 120 meter,” jelasnya.
Sementara itu, Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM mengatakan bahwa Pemerintah perlu lebih berperan dalam menyediakan bantuan rumah bagi masyarakat kurang mampu, melalui penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman yang berbasis kawasan serta keswadayaan masyarakat.
“Kebutuhan akan rumah menjadi hak dasar bagi setiap manusia, juga mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembentukan watak, serta kepribadian bangsa sebagai salah satu upaya membangun manusia Indonesia seutuhnya, berjati diri, mandiri, dan produktif.” kata Supriono.
Untuk itu, Pemkab Banyuasin turut memperhatikan masyarakat pesisir yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, untuk mendapatkan rumah layak huni melalui program pembangunan rumah khusus, bagi nelayan yang hidup di pesisir Banyuasin.
Pemkab Banyuasin menetapkan lokasi bantuan tersebut di Desa Muara Sungsang dengan pertimbangan sebagian masyarakat berprofesi sebagai nelayan/petani. Selain itu tanah yang dibangun sebagai bantuan rumah khusus tersebut merupakan tanah hibah dari masyarakat.
“Mudah-mudahan dengan adanya program pembangunan rumah khusus masyarakat pesisir ini, dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah, sehingga jumlah rumah tidak layak huni dapat berkurang secara bertahap di Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya.
(Dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.