Khaul Syekh Nawawi Al-Bantani ke- 124 Akan Dihadiri Jokowi di Tanara – Serang

Spread the love

Jurnalline.com, KAB. SERANG (BANTEN) – Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, dijadwalkan akan berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) An Nawawi Tanara di Kampung/Desa/ Kecamatan Tanara Kab. Serang, Provinsi Banten. Kunjungan Presiden RI yang akrab disapa Jokowi ini dalam rangka menghadiri Khaul Syekh Nawawi Al- Jawi Al-Bantani. Syekh Nawawi Al- Jawi Al-Bantani beliau adalah seorang tokoh kebanggaan umat Islam di Pulau Jawa, khususnya di Provinsi Banten, dimana setiap tahun nya pada Jum’at terakhir di bulan Syawal selalu diselenggarakan acara khaul tersebut untuk memperingati jejak peninggalan Syekh Nawawi Al- Jawi Al-Bantani, Jumat (21/07).

Sekilas cerita tentang Syekh Nawawi Al- Jawi Al-Bantani, beliau lahir di Kampung Tanara, Kabupaten Serang Provinsi Banten, pada Tahun 1815 M/1230 H. Syekh Nawawi Al- Jawi Al-Bantani memiliki nama lengkap Abu Abd Al-Mu’ti Muhammad bin Umar al-Tanara al-Jawi al-Bantani, yang lebih dikenal dengan nama Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani.  Beliau telah menulis beberapa kitab, kurang lebih 100 kitab yang mencakup berbagai bidang ilmu agama Islam, seperti tafsir, hadits, ilmu tauhid, fiqih, tasawwuf, dan lainnya. Pada tanggal 25 Syawal 1314 H/1897 M, Syekh Nawawi Al- Jawi Al-Bantani meninggal dunia saat berusia 84 tahun. Syekh Nawawi Al- Jawi Al-Bantani dimakamkan di Ma’la, sebuah wilayah yang berada di Negara Arab Saudi, beliau dimakamkan dekat dengan makam Siti Khadijah R.A, Ummul Mukminin istri dari Baginda Rasulallah Nabi Besar yaitu Nabi Muhammad S.A.W.
Menurut informasi yang dihimpun oleh jurnalline.com, dalam kunjungannya, Presiden RI akan didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan akan tiba di lokasi acara sekitar pukul 19.00 WIB, dimana puncak acara khaul sekitar pukul 21.00 WIB. Setelah Jokowi memberikan sambutan, berikutnya sambutan akan diberikan kepada pengasuh pondok pesantren An Nawawi Tanara yang juga sebagai ketua yayasan Syech Nawawi Al Bantani yaitu K.H Maaruf Amin dan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH). Khaul juga akan diisi oleh pengisi acara yaitu dari MUI Pusat K.H. Cholil Nafis dan K.H Shodiqun.
Kepada para awak media, AKBP Wibowo sebagai Kapolres Serang, menyampaikan “Presiden RI pak Jokowi dengan beberapa rombongan lainnya, akan disambut oleh beberapa MUSPIDA, baik tingkat Provinsi Banten maupun tingkat Kabupaten/ Kota,” katanya. Sambil memantau keamanan di lokasi acara.
Hingga berita ini rilis, suasana lokasi acara Khaul Syekh Nawawi Al- Jawi Al-Bantani di Kampung/Desa/Kecamatan Tanara Kab. Serang, Provinsi Banten, semakin sore semakin rame. Terutama umat Muslim yang berada di sekitar wilayah Kabupaten Serang berbondong bondong datang untuk menghadiri acara khaul tersebut.
(Jon/ Yyg K) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.