Wisata Religi ” Kapal Bosok ” di Curug Serang

Spread the love

Jurnalline.com, KOTA SERANG (BANTEN) – Sebuah tempat wisata yang erat hubungan ny dengan salah satu tokoh umat Islam terkenal di Banten dengan nama Ki Abdullah Angga Derepa. Lokasi wisata religi Kapal Bosok di Kampung Drangong, Kelurahan Curug Manis, Kecamatan Curug, Kota Serang, Provinsi Banten, Minggu (22/07).

Masjid berwarna – warni, bergaya kapal menjadi daya tarik tersendiri di objek wisata religi ini, dengan sebutan Kapal Bosok ini. Banyak peziarah yang datang, tak lupa melakukan selfi di tempat wisata religi ini, sebagai menu wajib sebelum pulang.

Siapa Ki Angga Derepa? Dari beberapa cerita sejarah dari tutur cerita orang tua dahulu kala, menyebutkan, Ki Angga Derepa mendapatkan tugas dari Sultan Banten kala itu, untuk mencari kayu bakar untuk memasak dalam sebuah hajatan pernikahan sang putrinya.

Bukannya membawa kayu bakar yang sudah di belah – belah kecil – kecil untuk kayu bakar pada umum nya, beliau justru membawa satu batang pohon besar yang ditarik hanya dengan pundaknya.

Tanpa disadari, di dalam pohon besar itu terdapat lubang yang menjadi tempat tinggal seekor harimau atau macan.

Setiba nya di tempat hajatan, keluar lah harimau dari pohon dan mengacaukan pesta hajatan. Sultan yang merasa geram kemudian menghukum Ki Angga Derepa dengan mengikatnya di sebuah kapal di pinggir pelabuhan. Karena kesaktiannya, dia menarik tali yang mengikatnya pada kapal hingga membuat kapal ikut tertarik hingga terdampar di Kampung Drangong, Kelurahan Curug Manis.

Selama bertahun- tahun lama nya , karena dimakan usia, kapal itu membusuk di sana bersamaan dengan wafatnya sang wali. Itulah asal-usul dan legenda Kapal Bosok.

Arti bosok diambil dari bahasa Jawa yang bermakna “busuk”. Makam Ki Angga Derepa pun ramai diziarahi dan menjadi tempat wisata religi di kawasan Kota Serang.

“Penasaran saja, apa itu kapal Bosok, yang kata nya di Desa Curug Serang, saya lihat di facebook banyak teman- teman yang posting”, ungkap salah satu peziarah.

Peziarah biasanya banyak berdatangan pada Kamis malam Jumat. Kawasan wisata tersebut semakin populer dan terkenal berkat gambar Kapal Bosok yang ramai diunggah & di bicarakan di facebook.

Lokasi Makam Kapal Bosok ini tepatnya di Kampung Darangong Desa Curugmanis Kecamatan Curug Kota Serang-Banten. Kalau ditempuh dari Jakarta : jurusan Serang menuju jalan ke KP3B (Kawasan Pusat Pemerintahan Propinsi Banten). Sebelum KP3B ada lampu merah (Prapatan Boru), dari situ menuju ke arah Kecamatan Curug (2,5 Km). Dari kantor kecamatan Curug, menuju ke arah timur lebih

(Angga / Ags S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *