21 Guru SD dan SMP Torehkan prestasi OGN Tingkat Kabupaten OKI

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – sebanyak 21 orang guru tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) torehkan prestasi pada Lomba Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten OKI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Aula Serbaguna Disdik OKI, Selasa (22/8) kemarin.

Dalam lomba OGN tingkat Kabupaten tersebut diikuti sebanyak 140 orang guru yang terdiri dari guru tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten OKI dan dari jumlah tersebut terseleksi menjadi pemenang sebanyak 21 orang yang memiliki kategori terbaik.

Adapun daftar peserta pemenang lomba Olimpiade Guru Nasional Tingkat Kabupaten OKI sebagai berikut. Jenjang Sekolah Dasar (SD) Kategori Guru Kelas. (Sandi SDN 1 Sumbu Sari Juara I,  Lukito SDN 1 Mukti Karya Juara II,  Maryamah SDN 1 Lempuing Indah Juara III).

Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kategori Mata Pelajaran :

  1. Matematika,  (Retno Budiarti Spd Msi SMPN 3 Kayuagung Juara I, Diana Spd SMPN1 Pampangan Juara II, Furnadia Spd SMPN 4 Jejawi Juara III).
  2. IPA, (Melati Kusumaning Ayu Spd SMPN 6 Kayuagung Juara I, Ashafia Nurusyaadah Spd Msi SMPN 2 Mesuji Raya Juara II, Hj.Rahmayani SMPN 4 Jejawi Juara III.
  3. Bahasa Indonesia, (Susdalena Spd SMPN 1 Mesuji Raya Juara I, Yenny Ermalita Spd SMPN 6 Kayuagung Juara II, Yanuri SMPN 2 Kayuagung Juara III).
  4. IPS (Catur Retno Widiastuti Spd SMPN 3 Kayuagung Juara I, Totok Supriantoro ST SMPN 1 Mesuji Makmur Juara II, Martina Puspita Sari Spd SMPN 5 kayuagung Juara III).
  5. Bahasa Inggris (Syafaruddin Spd SMPN 6 Kayuagung Juara I, Rika Amalia SMPN 2 Jejawi Juara II, Agustina Ginting SMPN 1 Lempuing Juara III)
  6. PKN (Dra.Murniati SMPN 2 Jejawi Juara I, Zulhijah Spd SMPN 3 Kayuagung Juara II dan Rika Mardiani SMPN 4 Jejawi Juara III).

Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, profesionalime dan kinerja guru. selain itu OGN bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya  dikalangan guru guru SD dan SMP. peningkatan kompetensi tersebut diharapkan akan berdampak positif terhadap karir dan mutu pendidikan.

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan  Subdit Harlindung telah melaksanakan OGN sejak 2016 dan tahun 2017 merupakan kegiatan OGN tahun kedua yang diselenggarakan bagi guru SD dan SMP. peserta dalam OGN 2017 terdiri atas guru kelas SD dan untuk peserta SMP meliputi guru mata pelajaran Matematika, IPA, IPS Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan PKN.

adapun persyaratan menjadi peserta OGN  diantaranya,

  1. Guru kelas SD dan SMP yang berstatus PNS, guru bukan PNS disekolah negeri yang memiliki SK dari pemerintah daerah, guru yang memiliki SK sebagai guru tetap yayasan (GTY) dengan masa kerja sekurang-kurangnya lima tahun berturut-turut.
  2. mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  3. tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya.
  4. belum pernah meraih medali OSNG dan OGN dalam kurun waktu3 tahun terakhir.
  5. memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1/D-IV) dan,
  6. guru SMP hanya dapat mengikuti lomba pada mata pelajaran yang sama dengan mata pelajaran yang diampu (sesuai Data Pokok Pendidik/DAPODIK).

Kepala Dinas Pendidikan OKI H. Masherdata Musai SH, M.Si mengatakan Peningkatan kompetensi dan kemampuan profesional guru menjadi salah satu ranah kebijakan Pemerintah dibidang pendidikan. kebijakan ini dibuat sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu sumber daya manusia pendidikan di Kabupaten OKI pada khususnya dan Indonesia pada umumnya agar mampu bersaing dalam era global. untuk itu, berbagai kegiatan yang bertujuan mendorong motivasi guru meningkatkan   kompetensinya perlu diselenggarakan kegiatan seperti Olimpiade Guru Nasional (OGN),”kata masherdata, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (23/8).

khususnya kepada para pemenang lomba, lanjutnya dengan menjadi pemenang diharapkan menjadi pemicu untuk meningkatkan prestasi kedepannya dan agar kiranya agar jangan terhanyut oleh hipuporia kemenangan serta terhanyut akan prestasi yang diraih sekarang namun untuk dapat memotivasi diri untuk terus memacu ilmu pengetahuan dimana ilmu pengetahuan setiap saat, setiap detik dapat berkembang dan harus dapat mengikuti setiap perkembangan iptek yang terjadi. dan tentunya ditegaskan agar para pemenang lomba jadikanlah ini sebagai motovasi dan pemicu untuk memperdalam ilmu pengetahuan baik sekarang  dan yang akan datang. serta kepada para guru yang belum menjadi pemenang kiranya dapat menjadi penambah semangat dan motivasi serta harus dapat menunjukan bahwa meraka mampu untuk bersaing kepada guru yang telah menjadi pemenang,”harapnya seluruh guru di OKI baik SD dan SMP untuk terus meningkatkan ilmu pengetahuan guna memacu diri agar menjadi yang terbaik.

sebagai bentuk apresiasi, sambung masherdata, Dinas Pendidikan OKI diberikannya hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan sebagai perangsang motivasi agar menjadi lebaih baik lagi kedepan yakni menjadi pemenang tidak hanya ditingkat kabupaten saja namun tingkat propinsi dan Nasional, dan apresiasi tersebut adalah bukti atas kerja keras dan perjuangan selama ini dapat dilihat bukan hanya mencari atau mengharapkan materi semata namun secara kualitas SDM,”jelasnya.

untuk mutu pendidikan di OKI, tambahnya, kedepan (Dinas Pendidikan) tentunya kita menyadari bahwa masih banyak hal-hal yang harus dibenahi khususnya pada masalah pendidikan di OKI, baik secara kualitas pendidikan, infrastruktur, fasilitas dan lain sebagainya. Kedepanya mau tidak mau harus kita kejar ketertinggalan kita dari Kabupaten-kabupaten kota lainnya yang telah maju dari segi pendidikanya. Apa yang menjadi kedala terbesar dalam meningkatkan mutu pendidikan mengingat APBD OKI sendiri sangat terbatas dan ini kita sadar akan tetapi dengan keadaan ini jangan menjadi pelemah semangat untuk mengejar ketertinggalan apa yang seharusnya kita benahi pada pendidikan di OKI. salah satu upaya yang harus dilakukan yakni mendongkrak para pendidik untuk benar-benar bekerja keras baik para guru dan staf yang berada di lingkungan dinas pendidikan OKI yang harus ditingkatkan seperti contoh yakni pendekatan-pendekatan, pendidikan-pendidkan wajib dan keluarga dan diklat-diklat serta bimbingan-bimbingan tehnis yang telah dilakukan hingga saat ini oleh Disdik. Dan untuk Sarana Prasarana, Infrastruktur yang berhubungan dengan pendidikan akan terus diupayakan terpenuhi serta menjadi prioritas kedepanya dan hal tersebut akan terus dikomunikasikan serta dikoordinasikan baik kepada pihak pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan maupun sekolah-sekolah di OKI,”tegasnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dedi Rusdianto S.Pd, M.Si mengungkapkan dengan dilaksanakannya Olimpiade Guru Nasional ini agar kiranya dapat meningkatkan kinerjanya dan menjadi guru yang profesiasional dibidang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkanya, dan berharap kepada guru yang menang agar menjadi profesional yang handal akan kemajuan pendidikan sekarang ini untuk mengikuti perkembang diera global,”cetusnya secara terbuka sebagai memotivasi para insan pendidik.

Guru SMPN 6 Kayuagung pemenang lomba OGN Melati Kusumaning Ayu S.Pd berharap dengan diraihnya sebagai pemenang di tingkat kabupaten maka besar harapan untuk dapat meraih prestasi lagi ditingkat propinsi sebab untuk dapat melaju ketingkat nasional harus meraih prestasi ditingkat propinsi tentunya. pesan kepada teman-teman (Guru-red) sebenarnya bukan mereka tidak mampu atau kurang pandai namun kesempatan menjadi pemenang belum ada akan tetapi kenapa saya dinyatakan sebagai pemenang berkemungkinan karenan pada saat itu saya telah siap baik dari segi materi yang akan dilombakan sebab kenapa berkata siap karena dulu saya telah mengajar kelas 7, 8 dan 9 tentunya semua materi telah dikuasai dan ini dianggap sebagai keberuntungan,”cibirnya sembari bercanda gurau karena kaku diwawancarai pewarta.

Kepala Sekolah Guru SDN 1 Sumbu Sari Kecamatan Mesuji Raya mengatakan salah satu guru yang berada disekolah yang dipimpinya yakni pak sandi sebagai juara 1 guru kelas  dinyatakan sebagai pemenang dalam kegiatan OGN merupakan suatu kebanggaan serta menjadi motivasi dan pendorong semangat kerja sebagai pendidik, himbauan kepada pak sandi mengucapkan terim kasih telah membawa baik sekolah dan agar kiranya jangan cepat berpuas diri serta ilmu yang ada terus ditingkatakan jangan hanya di tingkat kabupaten saja namun bertekad agar kiranya dapat meraih prestasi di tingkat propinsi bahkan nasional serta mengucapkan terima kasih telah mewakili sekolah, dimana tidak semua sekolah dasar dikecamatan mesuji raya yang dapat memenangkan perlombaan OGN tersebut,’ungkapnya haru.

(Novi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *