Manasik Haji PAUD Tingkatkan Jiwa Keislaman Anak

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Sebanyak 800 orang jamaah haji cilik dari berbagai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  mengikuti manasik haji di Gedung Olahraga (GOR) Biduk Kajang, Senin (28/8).

Kegiatan manasik haji untuk anak-anak PAUD ini digelar untuk menumbuhkan semangat berhaji sejak dini. Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (FKGPAI) OKI Hj Sri Eka Lisnawati SPdI didampingi Latifa selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk manivestasi ukhuwah islamiyah sejak dini. “Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang rutin setiap tahun. Namun ada beberapa kecamatan yang melaksanakan manasik haji sendiri terutama yang jangkauannya cukup jauh.

Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) OKI Azhar SE mengatakan, manasik haji untuk anak-anak PAUD tersebut memang sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan jiwa keislaman kepada anak. Menurutnya, usia dini merupakan waktu yang pas untuk menanamkan pendidikan keagamaan.

DPRD OKI juga mendukung adanya kegiatan manasik haji yang pesertanya anak PAUD se-OKI. “Ini akan menjadi modal untuk anak-anak dalam kehidupannya di masa depan,”ujar anggota DPRD OKI dari NasDem H Subhan Ismail.

Subhan berharap, selain dapat menumbuhkan nilai-nilai keislaman,  kegiatan manasik haji ini juga dapat menumbuhkan niat anak-anak untuk datang ke Tanah Suci nantinya. “Semoga generasi penerus di OKI ini berjiwa Islami dan berkaraktek serta berakhlak mulia,”tambahnya.

Latihan manasik haji juga diharapkannya dapat berimbas kepada orangtua siswa yang turut mengantarkan anaknya saat latihan manasik, sehingga bagi orangtua yang mampu akan tertarik untuk melaksanakan ibadah haji.

“Anak-anak usia dini memiliki daya ingat yang kuat, sehingg latihan di masa kecil ini diharapkan dapat merangsang mereka jika sudah dewasa, yakni mereka akan memiliki keinginan melaksanakan ibadah haji,” komentarnya.

(novi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.