Ratusan Siswa PAUD se OKI Ikuti Manasik Haji

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Ratusan jamaah haji cilik dari berbagai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), mengikuti manasik haji di Gedung Olahraga (GOR) Biduk Kajang, Senin (28/8).

Kegiatan manasik haji untuk anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini digelar untuk menumbuhkan semangat berhaji sejak dini. Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (FKGPAI) OKI, Hj Sri Eka Lisnawati SPdI didampingi Ketua Panitia Pelaksana, Latifa.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk manivestasi ukhuwah islamiyah sejak dini. “Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang rutin setiap tahun. Tapi berbeda dengan sebelumnya, peserta yang mengikuti kegiatan manasik haji tahun ini agak berbeda dan lebih sedikit,” ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan ada beberapa kecamatan yang melaksanakan manasik haji sendiri terutama yang jangkauannya cukup jauh. “Sehingga mereka memutuskan untuk menggelar manasik haji sendiri,” kata Sri.

Untuk yang ikut manasik haji di GOR Biduk Kajang setiap anak mendaftarkan diri dengan membayar uang sejumlah Rp20 ribu. “Dana ini diperuntukkan pembuatan sertifikat, konsumsi tanda pengenal dan beberapa hal lainnya. Pokoknya pada kegiatan ini kita buat seoal dalam ibadah haji yang sebenarnya,” jelasnya.

Bupati OKI, H Iskandar SE melalui Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) OKI, Azhar SE mengatakan, manasik haji untuk anak-anak PAUD tersebut memang sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan jiwa keislaman kepada anak.

“Kami pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini yang diharapkan nanti dapat memberikan manfaat bagi anak-anak kita ini di masa depan,” katanya saat membuka acara.

Menurutnya, usia dini merupakan waktu yang pas untuk menanamkan pendidikan keagamaan. “Sehingga nanti ini akan menjadi kodal untuk anak-anak dalam kehidupannya di masa depan,” ujarnya.

“Selain itu, diharapkan selain dapat menumbuhkan nilai-nilai keislaman kegiatan manasik haji ini juga dapat menumbuhkan niat anak-anak untuk datang ke tanah suci nantinya,” pungkasnya.

(Novi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *