DESTINASI WISATA ASIAN GAMES 2018 DI LUBUKLINGGAU

Spread the love

Jurnalline.com, LUBUKLINGGAU (SUMSEL) – Warga Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan patut berbangga. Soalnya, Bumi Sebiduk Semare tercatat sebagai salah satu daerah dengan destinasi wisata terbaik Nasional dan hal tersebut telah tercatat dalam buku Destinasi Wisata Nasional atau Kota Wisata Terbaik se-Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata.

Pemkot Lubuklinggau sangat konsisten mengembangkan objek wisata termasuk menjadikan Kota Lubuklinggau wisata alam baik dari air terjun, hutan dan perairan. Air terjun sendiri, Kota Lubuklinggau memiliki lima air terjun yang kesemuanya memiliki keunikan. Setelah sudah melakukan pengembangan di Air Temam, dan masih empat air terjun lagi yang akan dikembangkan lagi.

Bahkan, Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Lubuklinggau H Luthfi Ishak menjelaskan, penilaian yang dilakukan oleh pihak Kementerian ini, mendatangi satu persatu lokasi wisata di Indonesia, termasuk salah satunya di Kota Lubuklinggau, hingga menjadikan daerah ini berhasil masuk peta wisata terbaik.

“Alhamdulillah wisata andalan di Lubuklinggau kini telah masuk dalam Book Of Tourism Destinational In Indonesia. Artinya, wisata di Kota Lubuklinggau sudah menjadi salah satu pilihan terbaik bagi wisatawan untuk dikunjungi,” ungkapnya.

Kota Lubuklinggau didapuk sebagai daerah dengan wisata terbaik se-Sumatera Selatan (Sumsel), karena ada enam destinasi wisata yang dinilai cukup indah dan dapat menarik pengunjung dari luar daerah.

Untuk yang masuk kategori dan dibukukan pihak Kementerian, ada lima destinasi wisata, diantaranya Bukit Sulap, Air Terjun Temam, Air Terjun Taqli, Air Terjun Curuq, serta Lapangan Merdeka yang saat ini menjadi halaman masjid termegah di Lubuklinggau.

“Untuk wisata di Sumsel, kita yang paling baik. Ini menjadi motivasi bagi Pemerintah dan masyarakat di Lubuklinggau, guna tetap mempertahankan dan mengembangkan kembali destinasi wisata yang ada,” tambahnya.

Terlebih, Ajang Asian Games (AG) XVIII Tahun 2018 sudah di depan mata. Menteri Pariwisata RI Arief Yahya telah memberikan lampu hijau, bahwa Kota Lubuklinggau masuk dalam  Paket Wisata AG 2018.

“Lubuklinggau dipercaya jadi destinasi wisata alamnya, khusus Kota Lubuklinggau center-nya. Jadi teman-teman atlet ataupun penonton Asian Games yang ingin menikmati wisata alam, juga bisa ke Kabupaten Muratara dengan eksotisme Gua Napalicin. Juga ke Rejang Lebong. Namun, centre-nya tetap Lubuklinggau. Karena fasilitas transportasi menuju ke Palembang lagi ada di wilayah kita,” ujarnya.

Untuk transportasi, 2018 nanti akan ada khusus kereta wisata, penambahan frekuensi penerbangan Palembang-Lubuklinggau dan sebaliknya, juga membenahi jalan jalur Sekayu-Palembang. Bahkan, wisatawan yang tandang ke Kota Lubuklinggau juga akan dengan mudah mendapatkan fasilitas penginapan dan tempat kuliner yang nyaman. Karena bisnis perhotelan, pusat perbelanjaan maupun kuliner di kota ini sudah sangat berkembang.

“Potensi wisata Lubuklinggau akan dimasukkan terus dalam iklan promosi Asian Games. Harapan kami dari 1,2 juta wisatawan yang datang ke Palembang, minimal 200 ribu-nya tandang ke Lubuklinggau,” ungkapnya.

(do)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *