Gelar Buku Kampanye Membaca, Malah Diusir Satpam

Spread the love

Jurnalline.com, KAB. TANGERANG – Petugas keamanan Perumahan Talaga Bestari yang berlokasi di Desa Cibadak, Kecamatan Cikupa, melakukan pengusiran terhadap komunitas Motor Literasi (MOLI) yang sedang melakukan gelaran buku seperti biasanya, sebagai agenda rutin dalam rangka Kampanye Gemar Membaca bagi masyarakat yang secara kebetulan dipusatkan di area sekitar perumahan Talaga Bestari, Minggu (24/9).

Ketika Sonil bersama enam rekannya baru saja selesai merapihkan buku-buku yang digelar diatas terpal kuning, tiba-tiba datang tiga orang satpam dengan sikap yang kurang berkenan mengusir relawan MOLI dari lokasi.

Satu dari tiga petugas keamanan yang mengenakan jaket loreng dari ormas tertentu, dengan sikap yang tidak ramah dan kasar meminta relawan MOLI untuk membereskan buku-buku yang baru saja digelar, karena disangka pedagang dan meminta untuk tidak melakukan kegiatan di tempat itu.

“Sudah dijelaskan berkali-kali tapi petugas keamanan itu tidak mengerti jika kami hanya melakukan gelaran buku dalam rangka mengkampanyekan budaya gemar mambaca bagi masyarakat Tangerang. Eh, malah disangkanya kami pedagang, padahal sudah dijelaskan berulang-ulang,” ungkap Sonil.

Menurutnya, lokasi tempat gelaran buku merupakan area taman yang biasa dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda dan posisinya di luar area penjagaan petugas keamanan.

“Hanya taman tapi bukan taman yang dilarang untuk diinjak atau dijadikan tempat nongrong. Anak-anak muda juga pada nongkrong di area situ, dan posisinya di luar, jauh dari gerbang parkiran,” ujarnya.

“Tidak ada plang yang menandakan larangan, bisa dilihat di sekitar, banyak muda-mudi nongkrong dengan memarkirkan motor-motornya, nah kita cama parkir buku-buku diusir tanpa ditunjukan tempat yang bisa digelari,” tambahnya.

Meski akhirnya Sonil dan kawan-kawan harus pindah lokasi namun kejadian tersebut sangat disayangkan karena ternyata masih ada masyarakat yang belum bersimpati pada upaya-upaya Relawan Literasi untuk mengajak masyarakat gemar membaca.

(J.A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.