Mahasiswa UMM Malang adakan Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) di Yonbekang 2/2 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) melalui Fakultas Psikologinya menjalin kerja sama dengan Yonbekang 2/2 Kostrad mengadakan Analisis Kebutuhan Pelatihan ( Training Needs Analysis ), bertempat di Ruang Paparan Yonbekang 2/2 Kostrad, Malang, Selasa (28/11) pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB.

Pada kesempatan ini Yonbekang 2/2 Kostrad menghadirkan sebanyak 35 Personel yang dipimpin oleh Kapten Cba Konie yang menjabat sehari-hari sebagai Pasi Intelpam Yonbekang 2/2 Kostrad sedangkan dari Mahasiswa UMM Malang mengirimkan mahasiswa/mahasiswinya sebanyak 3 orang yaitu Achmad Ainur Ridho, Kuriyattul Aily Ahadyah dan Farida Farikhatus untuk menggelar serangkaian tes tersebut, mereka masih menempuh semester 5 Fakultas Psikologi Universitas Muhamadiyah Malang (UMM).

Yonbekang 2/2 Kostrad merupakan Satuan Banmin di bawah Divif 2 Kostrad tentunya dituntut untuk selalu menjaga kesiapan operasional prajuritnya. Salah satu misi Danyonbekang 2/2 Kostrad Letkol Cba Edwar Rizal, S. Sos. adalah memelihara, meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dengan melaksanakan pola pembinaan latihan secara terprogram, terukur, dan proporsional serta berorientasi pada sasaran yang ingin dicapai.

Sebagai Mentor pelatihan Achmad Ainur Ridho dkk Analisis Kebutuhan Pelatihan(Training Needs Analysis ) ini dilaksanakan sebelum melaksanakan pentahapan latihan di Satuan. Pihak UMM selaku Trainer bertugas untuk mengadakan pengumpulan data untuk mengetahui kebutuhan pelatihan di Satuan Yonbekang 2/2 Kostrad. Setelah mengetahui kebutuhan pelatihan, trainer dapat menyusun program pelatihan yang sesuai untuk Satuan Yonbekang 2/2 Kostrad kedepannya.

Pihak UMM Malang selaku Trainer juga berfungsi sebagai fasilitator untuk melaksanakan pelatihan yang dibutuhkan oleh Satuan Yonbekang 2/2 Kostrad. Pelatihan yang dimaksud dapat digunakan untuk meningkatkan performa Satuan dihadapkan dengan tuntutan tugas yang akan dihadapi sesuai kebutuhan dan permintaan Satuan Yonbekang 2/2 Kostrad.

Beberapa manfaat diadakannya Analisis Kebutuhan Pelatihan ( Training Needs Analysis ) di Satuan Yonbekang 2/2 Kostrad, antara lain bagi individu dalam hal ini prajurit mampu mengenali potensi yang ada dalam dirinya serta mampu memaksimalkan potensi dan kinerja agar sesuai ekspektasi Satuan, sehingga motivasi kerja prajurit dapat meningkat. Bagi Organisasi dalam hal ini Satuan Yonbekang 2/2 Kostrad mampu mengidentifikasi informasi dan kebutuhan Satuan, apakah sudah sesuai dengan visi misi yang telah dicanangkan. Selain itu, mampu memaksimalkan sarana dan prasarana Satuan untuk menggali potensi dan kinerja prajurit di Satuan.

Mewakili Danyonbekang 2/2 Kostrad Kapten Cba Konie menyambut baik adanya kerja sama yang terjalin antara Satuan dengan UMM Malang yang nantinya setelah diadakannya Analisis Kebutuhan Pelatihan ( Training Needs Analysis ) di Satuan, maka UMM selaku fasilatator akan memberikan rancangan berupa modul pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan prajurit dan Satuan. Hal ini dilakukan guna memperbaiki dan meningkatkan performa agar sesuai dengan visi dan misi Satuan Yonbekang 2/2 Kostrad semoga kegiatan ini dapat terjalin hingga periode selanjutnya.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.