Pelatihan dan Pembekalan Bhabinkabtibmas Polres Serang Dalam Mengawal Dana Desa

Spread the love

Jurnalline.com, KOTA SERANG – Bertempat di aula II Mapolres Serang, dikumpulkan bersama khususnya personil Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di jajaran Polres Serang, para personil Bhabinkamtibmas Polres Serang mendapat arahan & sosialisasi serta pelatihan terkait pengawalan pengelolaan alokasi dana desa dan dana desa (ADD/ DD), Selasa (07/11).

“Sosialisasi dan pelatihan pengawalan bersama pengelolaan dana desa ini diiukuti oleh seluruh personel kurang lebih 160 personil anggota Bhabinkamtibmas yang ada di desa – desa dan kelurahan,” ujar Kepala Kepolisian Resort Serang AKBP Wibowo S.I.K, M.Hum.

AKBP Wibowo, menjelaskan, keterlibatan anggota Bhabinkamtibmas dalam mengawal pengelolaan dana desa, bertujuan untuk mengawasi dan memberikan informasi ke Polres, terkait kegiatan pembangunan maupun kegiatan lain di desa dalam menggunakan alokasi dana desa dan dana desa (ADD/ DD).

“Pengawasan pengelolaan ADD/ DD itu sangat penting guna mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan kegiatan yang menggunakan dana desa. Tentunya kalau dikatakan ada kerawanan penyimpangan dana desa tidak menutup kemungkinan ada. Oleh karena itu dengan adanya keterlibatan anggota Bhabinkamtibmas mengawal dan mengawasi di desa – desa dapat meminimalisir penyalahgunaan anggaran,” tambah, AKBP Wibowo.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Resort Serang KOMPOL Heri Sugeng menambahkan bahwa, keterlibatan Bhabinkamtibmas mengawal pengelolaan dana desa ini dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan penggunaan dana desa, sehingga Kepala Desa dapat berhati – hati dalam menggunakan anggaran & pengelolaan alokasi dana desa dan dana desa (ADD/DD).

“Sebelumnya pada tahun 2016 dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, tercatat ada puluhan desa di wilayah hukum Polres Serang dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur kurang dari volume pekerjaan. Sehingga Kepala Desa diminta untuk mengembalikan kekurangan atau menambah volume,” tutur, KOMPOL Heri Sugeng.

(Ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.