Anak Miskin di Khitanan Massal

Spread the love

jurnalline.com, Banyuasin, (SumSel) – Sebagai bentuk nyata membantu masyarakat ekonomi lemah (Miskin) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyuasin menggelar sunatan massal, untuk menegakkan syariat Islam umatnya melakukan khitan yang bertujuan hidup sehat dan suci dari najis. Islam mengajarkan dalam ibadah wajib bersuci, khitanan hukumnya wajib bagi umat muslim.

khitanan geratis sengaja diperuntukan bagi masyarakat golongan ekonomi menengah kebawa,  untuk kuota khitan tahun 2017 sebanyak 100 orang anak, yang dibagi dua zona untuk pemerataan, zona pertama wilayah Kecamatan Banyuasin III, zona ke dua akan diadakan di Kecamatan Rambutan, acara yang diprogramkan akan dilaksanakan setiap tahun pada setiap waktu liburan sekolah.

“Khitanan massal ini kami lakukan atas kerja sama Baznas Kabupaten Banyuasin dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin. Wujud kepedulian ini meringankan beban bagi orang tua anak yang tidak mampu, dapat terbantu melaksanakan kewajiban mengkhitan anak mereka,” Ucap H A Mubari.

Membantu sesama merupakan tugas Baznas Kabupaten Banyuasin, utamanya masyarakat kurang mampu (Miskin) yang harus dibantu Baznas, mengentaskan kemiskinan memberikan bantuan berupa kebutuhan yang komsumtif dan produmtif, serta bantuan ke kaum du’afak.

“Berlandaskan pada asnap delapan, membantu para fakir dan miskin yang kami telusuri, sebagian dari mereka pada saat akan mengkhitankan anaknya, mereka kesulitan dalam masalah biaya, maka Baznas berkewajiban membantu mereka dalam menjalankan ibadah untuk mereka yang tidak mampu,” jelasnya.

Alpian M. Ani warga Pangkalan Balai mengaku sangat berterima kasih dengan adanya program Baznas Kabupaten Banyuasin, mengkhitan anak kurang mampu sangat membantu masyarakat dalam menjalankan kewajiban orang tua terhadap anak.

“Kami sangat berterima kasih dengan diadakan khitanan massal ini, sebagai orang tua kami merasa terbantu. Kami berharap tidak hanya sebatas ini, paling tidak terus diadakan setiap tahun kegiatan khitanan massal oleh Baznas Kabupaten Banyuasin terutama pada masa liburan sekolah seperti sekarang ini,” ungkapnya.

(Hasidarmansyah) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.