Karya Bhakti HUT Ke – 66  Yon Armed 1 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Dalam rangka memperingati HUT ke 66 Tahun, Yonarmed 1/1/2 Kostrad menyelenggarakan kegiatan Karya Bhakti di Dsn. Sidoagung Kel. Candirenggo Kec. Singosari Kab. Malang. Personel yang berkekuatan 25 orang dipimpin Letda Arm Iwan Budi  ini fokus pada pembersihan saluran air di RW 05 dan Rw 06 Kel. Candirenggo. Kurang lebih selama kurun waktu 10 tahun terakhir ini setiap kali turun hujan, pasti terjadi banjir yang disebabkan adanya penyumbatan di beberapa titik saluran air.

Selain itu kini fungsi saluran air sedikit demi sedikit beralih fungsi menjadi bangunan lain. Ada warga yang mendirikan kios di atas kali, ada pula yang membuat kerambak, sehingga setiap kali pembersihan tidak optimal dan menyebabkan penyempitan pada kelebaran kali tersebut. Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Lurah Candirenggo, Seklur Candirenggo, Dinas pengairan Kab. Malang, PPAD (Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat), Babinsa Koramil Singosari dan Masyarakat Himpunan Tani.

Di akhir kegiatan tersebut Pak Wawan selaku Seklur dan juga Pak Subiyanto perwakilan dari Dinas perairan Kab. Malang menyampaikan akan mengeluarkan surat peringatan bagi warga yang mengalihkan fungsi saluran air (kali) tidak sesuai fungsinya. Surat peringatan tersebut akan bertahap diberikan kepada warga yang tidak patuh pada aturan Dinas Pengairan dan pada akhirnya akan dilaksanakan penindakan/ pembongkaran bangunan di atas saluran air secara paksa.

Dengan adanya kegiatan karya bhakti ini yang merupakan bagian dari Bhakti Yonarmed 1/1/2 Kostrad pada ulang tahunnya yang ke 66, diharapkan dapat membantu kelurahan Candirenggo dalam memecahkan masalah yang sering terjadi terutama banjir. Terutama pada pembersihan saluran air (kali) diharapkan dapat mengurai air apabila terjadi hujan lebat sehingga fungsi dari kali tersebut normal kembali.

(Fram/JA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.