KELURAHAN SUKASARI KOTA TANGERANG GELAR MUSRENBANG TA.2018

Spread the love

Jurnalline.com, Tangerang Kota – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu untuk mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan pembangunan daerah (BAPPEDA), usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan pembangunan bagi warga pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga dilaksanakan di Kelurahan Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang Tahun Anggaran 2018.(30/01/18)

Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun dan disampaikan agar dapat cepat terealisasi dengan baik.

Puluhan warga yang memadati Aula Kantor Kelurahan Sukasari sangat antusias mengikuti jalannya acara musrenbang pukul 13:30 wib yang juga dihadiri langsung oleh Camat Tangerang H. Agus Hendra, DPRD Kota Tangerang yati rohayati dan Agus setiawan, serta RT/RW Se- Kelurahan Sukasari.

Tatang Sopandi Lurah Sukasari menyampaikan ” untuk perwakilan warga  yang hadir diharapkan harus terus memberikan dukungan dari  upaya program pemerintah sebagai monitoring, dan terus berupaya memberikan aspirasi berupa pengajuan usulan- usulan dari program pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah lewat program musrwnbang”.

” upaya pengajuan usulan harus terus dikawal sampai di tingkat Kecamatan dan seterusnya, guna terlaksananya realisasi dari pengajuan usulan pembangunan tersebut.” Katanya

“Untuk terlaksananya tujuan tersebut lewat musrembang kali ini, warga jangan bosan tuk menyampaikan usulannya, karna walaupun usulan di tahun kemarin belum bisa di laksanakan, semoga dapat dilaksanakan lewat musrenbang tahun ini. Dan berharap semoga musrenbang dapat membantu menyelesaikan segala keluhan yanf ada di tengah masyarakat”. tambahnya

H. Agus hendra pun turut menyampaikan ” masyarakat harus melihat apa saja yang harus di prioritaskan dalam memutuskan pengajuan yang akan di ajukan lewat program musrenbang, masyarakat pun perlu mencari informasi lewat E- Planning Kota Tangerang sebagai Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan dimana sebagai sarana pencai informasi perencanaan pembangunan dan program pembangunan yang sudah di laksanakan”. Tegasnya

“Walau keluhan masyarakat didominasi dengan kebutuhan perbaikan saluran pembuangan air (drainase), Kec. Tangerang akan terus meningkatkan pelayanan dari permasalahan yang ada seperti tempat pembuangan sampah (TPS) dan infrastruktur lainnya. Semoga upaya perogram pemerintah Kota Tangerang dapat memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan warga Kota Tangerang”. Imbuhnya

Masyarakat warga yang hadir pun berjanji akan terus berpartisipasi dalam membantu program pemerintah lewat musrenbang, karena ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah, karena Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan.

(Abidin/aris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *