KREATIFITAS PEMBUATAN MURAL WARGA SUKAMANAH 4 KOTA TANGERANG

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang – Dalam mengapresiasikan seni anak-anak muda tak jarang dilakukan kelompok atau golongan, namun tidak halnya dengan wagra jl.sukamanah 4 Kel. Sukasari, Kec.Tangerang- Kota Tangerang,  yang berinisiatif untuk mempercantik serta memperindah kampungnya dengan cara mewarnai atau menggambar untuk mengaplikasikan seninya yang biasa disebut “MURAL” (28/01/18)

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya, seperti yang dilakukan warga sukamanah 4 dengan inisiatifnya jalan sepanjang 500 meter dijadikan media penyaluran ekspresi seni dan bakat, serta bukan hanya itu saja mural yang mereka gambar selain gambar- gambar  3D, tokoh- tokoh sampai mural  mengandung makna, pesan dan filosofi.

Warga sukamanah 4 Sedikitnya 60 lebih cat minyak berbagai warna dengan berat 1kg telah mereka habiskan untuk melaksanakan kegiatan mural dengan memakan waktu 1bulan lamanya.

Menurut “Supriyadi” sebagai salah satu penggagas inisiatif pembuatan mural   “ini adalah bentuk salah satu ekspresi yang di tuangkan warga guna mempercantik lingkungan, apalagi dengan adanya kesempatan kegiatan ini warga menjadi aktif dalam hal kegiatan dan menambah kekompakan warga untuk saling membantu satu sama lain” ungkapnya.

“Dalam kegiatan ini, kita dapat mempererat tali silaturahmi dengan rasa kebersamaan serta gotong royong dan menggali potensi- potensi warga agar dapat dituangkan lewat bakat- bakat yang mereka miliki dan diharapkan tidak hanya dengan kegiatan ini saja, untuk kedepannya masih banyak program lain yang akan di canangkan warga dan kegiatan mural untuk pendanaan tulus hasil dari  penggalangan swadaya masyarakat mulai dari penyediaan cat sampai konsumsi”. tambahnya

Kegiatan penuh inspiratif ini pun tidak luput dari jasa “om baco” yang biasa di panggil warga sekitar, selaku seniman lokal dari sukamanah yang meluangkan tenaga dan waktu hanya untuk menuangkan bakatnya.

Om baco saat di temui tim jurnalline.com di sela- sela waktu kesibukannya membuat mural mengatakan ” kegiatan ini memakan waktu satu bulan lamanya dengan sekitar 20 orang penggerak dalam menuangkan ekspresinya membuat mural dan warga pun mengapresiasikan kegiatan ini dengan membantu dukungan baik moril maupun materil serta tidak ada satupun warga yang menolak untuk dindingnya di warnai dan digambar” pungkasnya

“Kegiatan ini memang berharap dapat menginspiratisi warga yang lain agar dapat peduli dengan lingkungannya serta dapat menumbuhkan kembali rasa gotong royong dan kekompakan untuk warga dan semoga setelah ini akan ada kegiatan lain yang bersifat sosial lainnya” imbuhnya.

H. Jejen Sekertaris lurah, kel. Sukasari turut mengapresiasikan kegiatan warganya dengan mempercarik lingkungannya diadakan kegiatan pembuatan murat tersebut,  apalagi kegiatan itu yang bersifat sosial dan positif.
“Kegiatan warga sukamanah 4 patut di apresiasikan serta sebagai nilai positif dan itu membantu juga program pemerinta, semoga dapat menginspirasi serta menjadi contoh  bagi warga lainnya untuk peduli terhadap lingkungannya” jelasnya.

(Abidin/aris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.