Gubernur Olly Dondokambey: Launching Calender Of Ivent 2018, Target 16 Juta Turis

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Guna mendongkrak kunjungan wisatawan di Sulawesi Utara (Sulut), Pemprov Sulut meluncurkan Calender of Event (CoE) North Sulawesi 2018 Hotel Sintesa Peninsula Sulut, Selasa (27/2/2018).

Gubernur OllyDondokambey SE yang diwakili WakilGubernur Drs StevenOE.Kandow saat membuka kegiatan CalenderofiVent utama dalam agenda pariwisata Indonesia diantaranya;

1. Celebrate of The Sea, 2. Festival Bunaken, 3. Pemilihan Nyong Noni Sulut, dan 4. Natal/Chistmas Festival.

Dikatakan selain empat agenda tersebut , juga sedikitnya ada ratusan lebih event di Kabupaten/Kota di seluruh Sulut selama tahun 2018 ini.

Daniel Mewengkang, yang adalah Kadis Pariwisata Provinsi Sulut, program yang disusun dinilai bagus karena bagian dari persiapan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam menyambut Pariwisata tahun2018.

“Pelaksanaan program pemerintah Sulut menetapkan “Event of Calender” diharapkan akan membantu mempromosikan serta mensinkronisasi sektor pariwisata, terutama target meningkatkan kedatangan turis di Sulawesi Utara.” Tukasnya sembari berharap dengan diluncurkan Calender of Event 2018 akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah Sulut.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O.E Kandouw menyampaikan bahwa Pariwisata Sulut dari tahun ke tahun sejak 2016, hingga 2018 mengalami kenaikan terutama untuk kunjungan turis asing.

“Dari catatan sejak per1 Januari sampai dengan per15 Februari 2018, jumlah turis asing yang mengunjungi Sulut sudah mencapai 14.578 orang.” Tukas Kandow

Lanjutnya dengan melihat perkembangan pariwisata di sulut, memuaskan atau tidak, terlihat dari tahun 2015-2016 sampai saat ini secara nominal mencapai 125 ribuan, dilihat dari segi prosentase tingkat nasional kita Sulut yang paling tinggi selain dari segi nominal dari 16 juta turis yang datang ke Indonesia mencapai 120 ribu Wisman.

Kandow meminta kepada pemerintah Kabupaten/Kota agar rajin mempromosikan potensi yang ada didaerahnya demi kemajuan pariwisata Sulut.

“Dengan diluncurkannya Calender of Event 2018, Pariwisata Sulut mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal datang berkunjung ke daerah bumi nyiur melambai sehingga diharapkan kepada kabupaten/kota agar berkoordinasi dengan Pemerintah agar tidak terjadi kekeliruan” Tutup Kandow

Berikut Agenda Pariwisata tahun 2018 Provinsi Sulut:

1. Celebrate of the Sea Festival Teluk Tomini Bolmong Selatan pelaksanaan Maret 2018.
2. Paskah Se Asia pelaksanaan pada bulan April,
3. Festival Danau Cinta Pulau MakalehiSitaro, pelaksanaan bulan Mei,
4. Pesona Kotamobagu, selanjutnya
5. Festival Pesona Batu Pinagut di Bolmong Utara.
6. Festival Kentang di Minahasa Selatan pelaksanaan bulan Juni,
7. Festival Bunaken,
8. Festival Teluk Amurang, dan Festival Pulau Sara’a di Talaud.
9. Memasuki bulan Agustus ada Pemilihan Nyong dan Noni Sulut, Manado Fiesta, Tomohon International Flower Festival,
10.Berlanjut di bulan September dengan Festival Pesona Sangihe.
11.Oktober akan digelar kembali Pesona Selat Lembeh, Festival Danau Tondano, Festival Bentenan Lakban di Kabupaten Minahasa Tenggara, seterusnya Pada bulan November digelar Festival Pantai Paal, Budaya Klabat, serta Festival Danau Moat Bolaang mongondow Timur.

(Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *