Army USA dan TNI AU, Jalin Latihan Tempur di Manado

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut –  Langit cerah bumi nyiur melambai sejak Senin, (hari ini-red12/3/2018), hingga Jumat (23/3/2018) kedepan akan diwarnai dengan suara tembakan dua negara Indonesia dan USA Army dalam latihan tempur bertajuk “Cope West 2018 & Spear Iron 2018″, dibuka oleh Wakil Asisten Operasi (Wasops) Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsma TNI Anang Nurhadi Susila, dalam upacara yang digelar di Apron Pangkalan Udara (Lanud) Sam Ratulangi Manado.

Tujuan digelarnya latihan adalah sebagai wujud latihan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat dan sebanyak 12 pesawat tempur jenis F-16cd, C/D Block52ID USA, dan enam unit F-16 dari Indonesia. milik TNI AU dari Lanud Hickam, Hawaii, akan melakukan simulasi Air Combat Maneuver, di antaranya pertempuran jarak dekat (Dog Fight).

Latihan ini juga dapat menjadi sarana untuk memperlancar para penerbang dalam prosedur operasi gabungan dan juga untuk memperkuat persahabatan, saling pengertian dan saling menghormati di antara kedua Angkatan Bersenjata, juga meningkatkan kemampuan penerbang dan kemampuan efisiensi dalam operasi udara taktis.

“Latihan ini merupakan yang terbesar 2018 dan dari USAF sendiri membawa sekitar 110 personel, termasuk elemen ground support dan Combat Control Team (CCT) Special Force, hal ini diungkapkan Direktur Latihan Cope West 2018 Kolonel Pnb Ferdinand Roring kepada wartawan Jurnaline.com menyampaikan Latihan bersama bilateral antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) dengan United States (US) Pacific Air Force (PACAF).”

Anang berterima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey SE, dan jajaran yang telah mendukung pelaksanaan latihan bilateral ini selain meningkatkan kerjasama antara dua negara.

“Anang berharap, latihan bersama ini bisa berjalan aman, lancar dan sukses.” Tutup anang

Sebelum kegiatan, ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan.

Kegiatan Latihan ini turut dihadiri oleh Duta Besar Amerika untuk Indonesia Joseph R Donovan, yang didampingi Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, Ketua DPRD Sulut Andrei angow.

(Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.