Pemuda LIRA Siap Membangun Banyuasin

Spread the love

Jurnalline.com, Banyuasin (Sumsel) – Melihat fenomena banyaknya masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan, tergerak hatinya sebagai anak muda untuk memperjuangkannya. Sebagai generasi yang memiliki tanggung jawab besar terhadap kemajuan Banyuasin khususnya. Pada acara pelantikan pengurus Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) yang digelar di Desa Rabu 28/03/18).

Saat ditemui awak media seusai mereka dilantik secara resmi menjadi DPD Pemuda LIRA Kabupaten Banyuasin periode 2018 – 2023. Sebagaimana paparan yang terlontar dari seorang pemuda yang menjabat sebagai ketua DPD Pemuda LIRA Noor Ishmatuddin. Menjadi kendala utama bagi mereka yang berada di Daerah Perairan, yaitu jaringan untuk akses internet yang kurang baik. Menjadi awal program mereka yaitu menanam ribuan pepohonan di seluruh wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Kami ingin menjadi prioritas utama dalam hal jaringan internet, karena selama ini kami sangat kesulitan untuk mengaksesnya. Kami pun agak kesusahan untuk mengakses berita-berita dari media massa maupun program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah. Adapun target utama kami, yaitu menanam 10 ribu pohon di wilayah Kabupaten Banyuasin. Program ini, akan kami mulai pada awal September nanti. Untuk sekarang tanaman pohon tersebut, masih dalam masa pembibitan. Mungkin nanti kami akan meminta secara simbolis oleh Bupati Banyuasin tanda di mulainya penanaman pohon tersebut,” Urai Ketua DPD LIRA Kabupaten Banyuasin.

Ketua DPD LIRA Banyuasin saat dikonfirmasi permasalahan petani kelapa di daerahnya, bahwa mereka akan berkoordinasi langsung dengan PERPEKINDO dalam menyikapi harga kelapa pada saat ini. Karena PERPEKINDO merupakan persatuan petani kelapa.

“Kita bisa berkoordinasi dengan PERPEKINDO, karena hari ini sebentar lagi mereka juga akan dilantik. PERPEKINDO merupakan persatuan petani kelapa, mungkin kita bisa menstabilkan harga kelapa. Misalnya dari harga 2500, kita bisa buat harga minimum itu berapa supaya tidak mengalami penurunan secara terus-menerus,” Tambahnya.

Selain itu, Sultoni Ketua Okk LIRA Banyuasin, juga menjelaskan bahwa mereka memiliki mimpi besar untuk memperjuangkan masyarakat Banyuasin. Mereka berkeinginan mengentaskan pengangguran dan siap membantu penyelesaian sengketa tanah yang ada pada masyarakat Banyuasin.

“Kami DPD Pemuda LIRA berkonsentrasi terhadap perkembangan saat ini. Kita sekarang ini, masih terjajah. Kita bisa melihat sendiri bahwa lapangan pekerjaan yang sangat sulit, tetapi Pemerintah membebaskan dan memudahkan pekerja Asing untuk bekerja di tempat kita. Pada hal pengangguran di tempat kita masih sangat banyak,” Papar Sultoni Ketua Okk LIRA Banyuasin.

Dia juga menambahkan, bahwa mereka memiliki solusi dalam mengatasi banyaknya pengangguran. Mereka akan memberikan pembinaan yang baik, mulai dari tingkat paling bawah. Pengangguran tersebut, dibina melalui program yang baik.

“Sebagai solusinya, kami akan membina mulai dari tingkat paling bawah melalui Karang Taruna. Kami bina mereka dengan program-program yang sangat luar biasa. Seperti halnya Pemuda Anti Narkoba, kami akan menggalang itu. Jadi teman-teman akan dibuat kreativitas yang sangat baik. Kami akan membina Karang Taruna untuk memberikan solusi, seperti pelatihan yang akan kita berikan kepada mereka.

(Hasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.