Gubernur OD: Sulut Tuan Pertemuan Negara Pasifik The Coral Triangle

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat menerima kunjungan Duta Besar Kepulauan Salomon untuk Indonesia, HE Salana, pada Jumat (28/04/2018) di Gedung DPRD Provinsi Sulut, membahas sejumlah hal penting diantaranya adanya rencana pertemuan negara-negara Kepulauan Samudera Pasifik yang bakal dipusatkan di Provinsi Sulawesi Utara, dalam rangka penyelamatan Koral atau terumbu karang dan pembangunan di Wilayah Papua.

“Kami sedang melobi agar pertemuan tersebut karena kita juga merupakan negara kepulauan. Momentum ini harus dimanfaatkan karena sebagai wadah menyatukan pendapat,” terang Olly menambahkan bahwa hal itu juga karena strategisnya kedudukan Indonesia dan Kepulauan Solomon sebagai pendiri The Coral Triangle Initiative (CTI) bersama negara seperti, Timor Leste, Philipina, Malaysia dan Papua Nugini.

Lanjut Gubernur menilai dalam pembahasan tentang Papua terungkap besarnya apresiasi pemerintah Kepulauan Salomon kepada Pemerintah Indonesia atas perhatian yang sangat besar untuk membangun Papua.

“Bahkan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia di seluruh Kabupaten Kota di Papua berjalan dengan baik. Isu di negara mereka, seolah-olah Papua dikucilkan ternyata tidak benar atau Hoax, setelah mengunjungi dan melihat langsung keadaan di Papua,”

Diketahui, kawasan Segitiga Karang Dunia atau biasa disebut Coral Triangle, selama ini dikenal sebagai kawasan inti karena tingginya keanekaragaman terumbu karang di dunia Berbagai upaya terus dilakukan negara-negara yang wilayahnya masuk dalam segitiga karang dunia untuk menyelamatkan terumbu karang yang tersisa saat ini.

Turut hadir Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw,  Sekdaprov Edwin Silangen, dan segenap pejabat lingkup Pemprov Sulut.

(Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.