Insiden Ambruknya Overpass Tol Manado-Bitung, WIKA siap Bertanggung jawab

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut –  Terkait insiden ambruknya pekerjaan jalan Tol Manado-Bitung yang terjadi pada dua hari yang lalu, PT Wijaya Karya (WIKA)  yang mendapatkan kepercayaan untuk mengerjakan proyek  STA 11+700 – STA 14+000) dari total 40 KM, meminta maaf dan akan bertanggung jawab sepenuhnya atas insiden tersebut dan memastikan para korban mendapatkan penanganan terbaik.

Hal ini disampaikan oleh pihak PT WIKA lewat press releasenya, Selasa 17 April 2018.

Dalam releasnya, pihak PT WIKA pada setiap pekerjaan konstruksi sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan di area konstruksi, termasuk didalamnya memastikan bahwa metode kerja yang dilakukan telah memenuhi prasyarat. Untuk menjaga mobilitas dan aksesbilitas warga di area terbangunnya proyek konstruksi, seringkali diperlukan pembangunan akses atau struktur yang menghubungkan satu titik ke titik lainnya (rekayasa lalu lintas) sehingga mobilitas dan aktivitas warga tidak terganggu selama pelaksanaan pembangunan

Dikatakan PT WIKA, Kronologisnya, sejak Senin 16 April telah dilakukan pembangunan overpass (2Slab) di Desa Tumaluntung,  Minut (STA 13+600) dengan spesifikasi panjang bentang 36 meter dengan lebar 10 meter sebagai penghubung jln Tumaluntung yang kemudian diikuti dengan pekerjaan konstruksi underpass. Namun, pada Selasa 17 April pukul, 13.58, pekerjaan pengecoran insitu pada salah satu slab dan tiba-tiba runtuh, dimana salah satu slab dengan spesifikasi dan metode kerja yang sama telah berhasil dibangun.

Dengan demikian, dikatakan PT WIKA konstruksiyang runtuh adalah overpass akses jlan Tumaluntung yang melintas di atas lokasi rencana jalan tol Manado-Bitung (Underpass)  dan bukan konstruksi jalan tol Manado-Bitung.

Dalam insiden tersebut, WIKA bersama Basarna, Brimob,  dan Kodim setempat bekerjasama dalam penanganan evakuasi 21 korban yang bekerja di lokasi. Dimana 5 orang pekerja telah mendapatkan perawatan,  dan sudah diizinkan untuk kembali pulang, adapun 14 orang mendapat perawatan inap untuk memastikan kesehatan yang bersangkutan. Adapun 2 orang peker masih mendapatkan pertolongan di lokasi.

Atas insiden tersebut PT WIKA berkomitmen untuk memulihkan dan mengamankan lokasi, serta menyelesaikan pekerjaan jalan tol Manado-Bitung dengan memperhatikan aspek safety, quality, dan time delivery, sebagai prioritas dari perseroan untuk berkontribusi pada percepatan pembangunan infrastruktur di indonesia serta memastikan insiden ini tidak akan mempengaruhi target waktu penyelesaian proyek jalan tol agar dapat segera memberikat manfaat bagi keekonimian bagi masyarakat sulut pada khususnya dan indonesia pada umunya.

(Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.