Polresta Tangerang : Pelatihan Literasi Generasi Milenial Dalam Perangi Hoax

Spread the love

Jurnalline.com, Kab. Tangerang – Guna menghalau penyebaran berita bohong atau hoax yang kian masif di media sosial, Polres Kota Tangerang mengadakan latihan literasi kepada generasi milenial dan berkomitmen menggencarkan program literasi ke berbagai elemen masyarakat. dengan berbasis digital atau literasi media sosial.

Kegiatan pelatihan literasi media sosial untuk generasi milenial akan diselenggarakan pada Sabtu, 7 April 2018 di Gedung Serba Guna (GSG), Puspemkab Tangerang.

Kapolresta Kombes Pol. H.M. Sabilul Alif menjelaskan, pelatihan ditujukan kepada generasi milenial sesaui dengan tema yakni ” Generasi Milenial Garda Terdepan Anti Hoax “. Yang dimana selama ini generasi milenial dianggap turut menyebarkan hoax, dengan tujuan kegiatan pelatihan ini diharapkan generasi milenial menjadi generasi terdepan memerangi hoax.

” Literasi bukan sekadar membaca dan menulis. Literasi adalah upaya meningkatkan daya kritis masyarakat agar memiliki kemampuan mengidentifikasi informasi yang diterima, ” kata Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol. H.M. Sabilul Alif, Jumat (6/4/18).

Kapolres lebih lanjut mengatakan, setidaknya ada 5 jenis literasi yang dapat dilaksanakan dalam rangka meningkatkan nalar masyarakat dalam menghalau hoax. Kelima jenis literasi itu yakni, literasi membaca dan menulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi budaya dan kewargaan, dan literasi digital.

” Kegiatan yang diselenggarakan merupakan bagian dari literasi digital. Kami memang berkomitmen menggalakan kelima jenis literasi itu di masyarakat. Dan di kesempatan ini, kami melaksanakan literasi digital atau media sosial yang diperuntukkan bagi generasi muda atau generasi milenial,” papar Kapolres.

Menurut Kapolres, literasi digital atau media sosial harus mendapat porsi agak besar. Sebab, kata Kapolres, sebaran hoax saat ini begitu masif di alam digital. Literasi digital, mengutip dari Paul Gilster, ini pun merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang dapat diakses melalui piranti komputer.

” Masyarakat saat ini bisa disebut sebagai gadget, proses pencarian informasi dan riset banyak dilakukan di google Dengan modal ‘copas’ istilah untuk salin dan tempel, umumnya tanpa pikir panjang, langsung sharing tanpa disaring lalu menghujat orang,” terangnya.

Kapolres menambahkan, pelatihan literasi media sosial akan dibuka Kapolda Banten Brigjen. Pol. Listyo Sigit Prabowo. Untuk pemateri, dan akan diisi 6 pemateri yang dipimpin Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Arief Perboyo Moekiyat.

sementara itu, terkait untuk masalah peserta pelatihan, Kapolres menjelaskan, akan diikuti oleh 133 peserta yang terdiri dari anggota Purna Paskibra tingkat Kabupaten Tangerang, tingkat Provinsi Banten, dan pusat. Selain itu, lanjut Kapolres, peserta pelatihan juga turut menyertakan anggota humas jajaran Polda Banten, Bhayangkari Cabang Kota Tangerang, dan putra-putri Polri.

” Jumlah peserta didominasi kalangan purna paskibra. Hal itu berangkat dari kesadaran bahwa rekan-rekan di lingkungan paskibra sudah tidak diragukan lagi jiwa merah putihnya. Dengan mengikuti pelatihan ini, kami berharap jiwa merah putih itu kian terasah dengan keterampilan di bidang digital atau media sosial,” tandasnya Kapolres.

(Aris/Ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.