KPU OKI Lipat 491.667 Surat Suara, Tenaga Honorer Dihargai Rp 75

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI(Sumsel)- Setelah menerima sebanyak 491.667 lembar surat suara untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada 27 juni mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKI menyelesaikan proses pelipatan dan sortir surat suara yang nantinya akan didistribusikan ke 1.818 TPS yang tersebar di 327 desa dan 10 Kelurahan di Kabupaten OKI.

Ketua KPUD OKI Dedi Irawan SIP M.Si melalui Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Idham Khalik SE mengatakan, pihaknya menargetkan untuk dapat menyelesaikan pelipatan dan sortir surat suara dalam tiga hari kedepan, dimulai pada 24-26 Mei 2018.

“Pelipatan dan sortir surat suara untuk pemilihan Calon Bupati dan wakil Bupati OKI ini, melibatkan sekitar 50 staf Sekretariat KPUD OKI. Ada sebanyak 491.667 lembar surat suara yang akan dilipat dan disortir,” katanya saat ditemui di Aula KPUD OKI, Kamis (24/04/2018).

Lanjutnya, dalam penyortiran dan pelipatan inilah akan kelihatan apakah ada kerusakan atau tidak. Kalaupun ada kerusakan, maka akan dilaporkan ke percetakan untuk segera diganti. “Mudah-mudahan tidak ada kerusakan surat suara,” ujarnya.

Dia menjelaskan dari total surat suara sebanyak 491.667 lembar dibagi dalam 245 kotak dengan asumsi per kotak berisi 2.000 surat suara. Begitupun soal kompensasi pelipatan surat suara, diberikan sebesar Rp75 per lembar.

“Sebanyak 491.667 lembar surat suara yang diterima KPU OKI tersebut, merupakan total dari daftar pemilih tetap (DPT), ditambah 2,5 persen surat suara cadangan dan 2.000 lembar surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU),” ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya akan mendistribusikan surat suara ke sejumlah TPS di 18 Kecamatan diwilayah Bumi Bende Seguguk pada 21 Juni 2018 mendatang. “Kita juga masih menunggu surat suara bagi masyarakat OKI yang tidak masuk dalam DPT, tapi yang bersangkutan memiliki e-KTP,” jelasnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.