PERINGATAN HARDIKNAS, GUBERNUR OD NGAJAR ‘ZAMAN NOW’ DIHADAPAN RIBUAN SISWA

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Berlangsung di Gedung Wale Ne Tou Tondano Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara,Dihadapan sepuluh ribu siswa-siswi SMA/SMK di Sulawesi Utara Gubernur Olly Dondokambey, SE mengajar tentang 4 pilar kebangsaan NKRI Rabu (2/5/2018).

Dipandu dengan Nyanyian dan tepuk tangan MenerOlly, terasa menambah kemeriahan saat Gubernur memasuki Ruang nan megah WaleNeTou, Ilmu pun langsung menerangkan beberapa bahan pelajaran dengan bahasa lugas, mudah dimengerti disertai interaktif dengan siswa.

“Gaya mengajar kekinian alias “zaman now”, membuat para siswa yang menyimak langsung di dalam ruangan Maupun via video conference online di 10 kabupaten dan kota semakin bersemangat, Gubernur Olly menerangkan Dasar Negara Pancasila sebagai Living Ideology yang sesuai dengan konteks kekinian Bangsa Indonesia. Bahkan setiap tanggal 1 Juni rakyat Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila.”

“Pancasila senantiasa harus diyakini kebenarannya, dipelajari, dimengerti dan dipahami serta dipraktikkan dalam kehidupan guna tetap kokoh sebagai living ideology,” ujar Gubernur alasan utama harus diyakini kebenarannya karena tidak dapat dipungkiri bahwa dalam beberapa dekade terakhir ini, Pancasila sebagai living ideologi Bangsa Indonesia mengalami keterpurukan yang ditandai dengan munculnya perilaku masyarakat yang seolah-olah mulai melupakan sejarah lahirnya Pancasila. Oleh karenanya, fungsi Pancasila sebagai pengatur perilaku negara menjadi sangat penting.” Jelas OD

Lebih lanjut, Fungsi Pancasila sebagai pengatur perilaku negara, artinya Pancasila merupakan Sumber Hukum Dasar Nasional yang secara konstitusional mengatur NKRI beserta seluruh unsurnya, yaitu rakyat, wilayah serta pemerintahan negara, pentingnya peranan Pancasila, dengan Presiden Joko Widodo yang membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang diketuai Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri.

“Lembaga ini memegang peranan penting untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan yakni pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya,” tegas Olly

Usai Dialog HARDIKNAS, Gubernur Olly menerima piagam dari MURI karena berhasil menciptakan rekor sebagai sebagai gubernur pertama di Indonesia yang mengajar 4 Pilar Kebangsaan melalui siaran langsung kepada ribuan siswa, sesuai dengan tema “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan”.

Dengan Dialog Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sulut dengan mensinergikan metode pendidikan dan teknologi. Tenaga pendidik alias guru juga akan dibekali berbagai pelatihan plus aplikasi penunjang proses belajar mengajar berbasis teknologi.

“Bila metode pendidikan disinergikan dengan kemajuan teknologi, siswa-siswi akan lebih semangat belajar dan menerima materi pengajaran secara optimal karena aplikasi ini kan membuat kita lebih siap menghadapi tantangan ke depan,” pungkas Gubernur

Turut hadir Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey -Tamuntutuan, Wakil Ketua TP-PKK dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Penjabat Bupati Minahasa Royke Mewoh dan Kepala Dinas Pendidikan Sulut dr. Grace Punuh.

(Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.