Prajurit, PNS Ajen dan Pal Kostrad Terima Penyuluhan P4GN

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Dalam upaya pencegahan serta Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Staf Intel Kostrad bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Selatan memberikan penyuluhan bahaya Narkoba kepada prajurit, PNS Ajen Kostrad dan Pal Kostrad bertempat di Aula Ajen Kostrad Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

Kepala Ajudan Jenderal Kostrad, Kolonel Caj Supiyardi pada sambutannya mengatakan, “Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada prajurit dan PNS Ajen dan Pal Kostrad tentang dampak negatif Narkoba”.

Kaajen Kostrad juga mengatakan bahwa penyalahgunaan Narkoba saat ini menjadi masalah yang sangat memprihatinkan dan cenderung semakin meningkat serta merupakan masalah bersama, sehingga memerlukan suatu strategi yang melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk memberantasnya.

Dalam penyuluhan ini, pembawa materi dari BNNK Jakarta Selatan Bapak Denny Rihar Santika menerangkan hakikat Narkoba,  mulai dari jenis-jenisnya, maupun efek yang ditimbulkan pada para pemakai. Bagi pecandu akan mengalami gangguan jiwa dan kehilangan akal sehat, jika sudah ketergantungan Narkoba bisa dipastikan masa depan yang bersangkutan akan hilang.

Denny Rihar Santika menegaskan, jika peredaran Narkoba di Indonesia sudah sangat membahayakan dengan menimbulkan korban yang tidak sedikit jumlahnya. “Jenisnya pun kini bertambah dan bermacam-macam,” ujarnya.

Lebih lanjut Denny Rihar Santika mengatakan deteksi dini terhadap ciri-ciri pengguna Narkoba dapat dilihat dari adanya perubahan tingkat laku, lingkungan pergaulan, kebiasaan dan gaya hidup yang tak lazim serta adanya penurunan kondisi kesehatan secara fisik dan psikis.

Diakhir penyuluhan, dilaksanakan pengambilan tes urine kepada prajurit yang telah ditunjuk secara acak untuk membuktikan sekaligus mengecek ada atau tidaknya prajurit yang positif menggunakan Narkoba dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dan foto bersama.

Hadir pada acara tersebut Waasintel Kaskostrad Letkol Inf M.Nas, Wakaajen Kostrad Letkol Caj A.Simbolon dan Wakapal Kostrad Letkol Cpl M. Aryanto Bachtiar.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.