Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Laksanakan Hanmars Susuri Kota Salatiga

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Sebanyak kurang lebih 180 orang personel dari enam peleton Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad melaksanakan USJM tingkat Peleton dengan materi Ketahanan Mars (Hanmars) dengan jarak tempuh sepanjang 5 Km menyusuri jalan di sekitaran wilayah Kota Salatiga dan Speed mars dengan jarak 3,5 Km dengan route di dalam Asrama Yonif Mekanis Raider 411 Pandawa, Rabu (16/5/2018).

Danyonif Meknais Raider 411 Kostrad, Letkol Inf Widi Rahman S.H  menjelaskan, latihan Hanmars dan Spees Mars tersebut merupakan kegiatan keprajuritan untuk menguji ketahanan fisik prajurit Kostrad. “Jadi, latihan ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh Staf Operasi Yonif Mekanis Raider 411/PDW, yaitu USJM tingkat Peleton dengan materi Hanmars dan Speed Mars,” ucapnya.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan kekuatan fisik serta stamina agar kondisi fisik tetap prima. Sehingga dengan kondisi fisik yang prima, para prajurit mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan dapat mendukung kesiapan operasional satuan.

“Sebelum melaksanakan kegiatan Hanmars dan Speed Mars, para prajurit terlebih dahulu melakukan peregangan dan pemanasan agar tidak terjadi kram otot dan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan. Latihan Hanmars ini juga rutin kami lakukan secara berkala pada kegiatan minggu militer. Hal ini selain untuk menjaga kemampuan fisik prajurit, juga untuk menjaga kebersamaan dan jiwa korsa prajurit,” paparnya.

Lebih lanjut, Danyonif Mekanis Raider 411 Kostrad menambahkan, latihan tersebut sangat berpengaruh besar bagi para prajurit dalam jejang karir, kepangkatan dan pendidikan. “Untuk itu, tidak ada alasan bagi prajurit untuk tidak memenuhi syarat penilaian dalam kesegaran jasmani, karena hal ini merupakan hal terpenting yang harus dilakasanakan bagi mereka, ” pungkas Danyonif Mekanis Raider 411 Pandawa.

(Fram/JA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *