Ratusan Personel Polres Metro Jakarta Barat Amankan Hari Raya Waisak

Spread the love

Jurnalline.com, Jakbar – Polres Metro Jakarta barat menggelar apel pengamanan Hari Raya Waisak di Halaman Mapolres Metro Jakarta barat, Selasa (29/5/2018).

Dalam kesempatan itu ratusan personel gabungan dipastikan siap menjaga perayaan yang digelar di wihara-wihara di Jakarta Barat.

“Ada sekitar 368 personil yang dikerahkan dimana dalam pelaksanaannya terdiri dari 158 personel polres dan jajaran serta dalam pengamanan ini kami mensiagakan dari team Jibom Pmj sebanyak 10 personel maupun personel BKO dari Brimob PMJ.

Ini merupakan salah satu bukti bahwa Polres Metro Jakarta Barat ini all-out dalam pengamanan Hari Raya Waisak,” ucap Kabag ops polres Metro Jakarta barat AKBP Priyo Utomo teguh Santoso

Priyo memastikan pihaknya sudah memetakan wihara-wihara mana saja yang akan melakukan kegiataan perayaan Hari Waisak. Nantinya ada beberapa petugas yang disebar untuk menjaga keamanan agar situasi kondusif.

“seperti diketahui kami pun melakukan pengamanan wihara yang ada di wilayah hukum Polres Metro Jakarta barat yang melaksanakan kegiatan Hari Waisak diantaranya wihara Ekayana diwilayah kebon jeruk Jakarta barat dimana wihara tersebut sempat menjadi salah satu ancaman teroris bomb dibeberapa tahun yang lalu” ucapnya.

Setiap masing-masing wihara akan ditempatkan seorang perwira pengendali dengan pola pengamanan terbuka dan tertutup. Pengamanan terbuka dilakukan oleh petugas berseragam seperti Sabhara, dan tertutup seperti dari Reserse.

Selain itu penggunaan metal detector juga akan dimaksimalkan pada saat melakukan pengecekan pengunjung ataupun jemaat yang ingin melaksanakan ibadah. Sehingga kemungkinan masuknya benda berbahaya buruk bisa dicegah sekecil mungkin.

“Dimana saat ini kami selalu bekerja sama dengan intelijen untuk memonitoring segala bentuk ancaman teroris. Namun demikian kami tetap all out, artinya kami tidak mau under estimate, kami tidak mau kecolongan. Kami tidak ingin adanya ancaman-ancaman yang terjadi seperti yang beberapa waktu lalu terjadi di Surabaya,” katanya.

(Ivan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.