Pangdivif 2 Kostrad Tutup Latihan Pembentukan Raider Satjar Kostrad TA 2018

Spread the love

Jurnalline.com,Penkostrad – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Marga Taufiq menutup latihan pembentukan Raider Satuan Jajaran Kostrad Gelombang I TA 2018, di Pantai Tamban, Kecamatan Sumber Manjing, Kabupaten Malang. Minggu (10/6/2018).

Penutupan latihan pembentukan Raider tersebut ditandai dengan penanggalan tanda peserta dan pemasangan baret yang disertai dengan penyematan tanda kualifikasi, penerimaan sertifikat dan pembacaan janji prajurit Raider.

Latihan pembentukan Raider ini diikuti oleh 500 orang prajurit dan 103 orang pelatih, yang bertujuan untuk membentuk prajurit yang handal serta melengkapi kualifikasi prajurit satuan jajaran Kostrad yang belum memiliki kualifikasi Raider sebagai standar mutlak yang harus dimiliki oleh prajurit Kostrad.

Latihan yang dilaksanakan selama 3 bulan, sejak tanggal 19 Maret s.d. 10 Juni 2018 ini, terdiri dari tiga tahapan latihan, yaitu tahap basis di daerah latihan Kodam V/Brawijaya di Sidodadi Lawang, tahap gunung hutan di Pancorsari komplek dan tahap rawa laut di Pantai Tamban komplek.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono melalui amanatnya yang dibacakan oleh Pangdivif 2 Kostrad, mengatakan bahwa dengan penyematan kualifikasi Raider ini para prajurit Kostrad harus selalu siap untuk melaksanakan tugas-tugas Operasi Khusus dalam menghadapi berbagai kemungkinan ancaman yang akan terjadi menurut tipologi wilayah satuan masing-masing, serta lingkungan strategis dan teknologi yang berkembang saat ini.

Menurutnya, tugas-tugas tersebut sejalan dengan peran Kostrad sebagai Komando Utama yang menyelenggarakan OMP dan OMSP tingkat strategis dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Kasad juga berharap agar kualifikasi Raider yang telah disandang tersebut, tidak hanya memberikan kebanggaan dan rasa percaya diri, namun juga menambah profesionalisme, sehingga mampu dan berhasil dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban di masa depan yang semakin kompleks dan multidimensional.

Acara ini juga diwarnai dengan demonstrasi Renang Taktis, Pendaratan Laut, Pancangan Kaki Pantai (PKP), Snapling serta Tehnik Mobud. Sekaligus pemberian Brevet Kehormatan Raider kepada Kasdivif 1 Kostrad, Kasdivif 2 Kostrad dan Danmenarmed 1 Kostrad.

Turut hadir pada acara tersebut Danpusdikif Kodiklat TNI AD, Dirbindiklat Pussenif Kodiklat TNI AD, Danrindam V/Brw, Danrem 083/BDJ dan para Asisten Kasdivif 2 Kostrad serta para Komandan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.