Aksi Damai di Istana Negara, Relawan Jokowi Rekomendasikan 8 Nama Cawapres

Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Sebanyak 76 organ relawan Jokowi dan aktivis LSM merekomendasikan 8 nama calon wakil presiden (Cawapres) yang bisa dipilih oleh Calon Presiden (Capres) Ir. Joko Widodo sebagai pasangan dalam Pemilu Presiden 2019 mendatang. Nama-nama Cawapres tersebut, yaitu Moeldoko, Airlangga, Mafud MD, Susi Pudjiastuti, Chairul Tanjung,Tito Karnavian, Jimmy Asshiddqie dan Sri Mulyani.
Menurut Ketua Panita Nasional Pekan Jokowi, Aznil Tan, saat membacakan rekomendasi dalam aksi damai di depan Istana Presiden RI, Jum’ad (21/7/2018) bersama 76 organ relawan Jokowi, usulan nama-nama Cawapres sesuai dengan kriteria-kriteria yang dirumuskan selama kegiatan Pekan Jokowi yang diselenggarakan di Benhil, Jakarta Pusat dari tanggal 10-16 Juli 2018.

Kriteria-kriteria Cawapres Jokowi yang berhasil dirumuskan, yaitu Cawapres harus memperkuat kinerja Jokowi, bukan parasit atau duri di dalam daging, mampu meningkatkan elektabilitas Jokowi, mampu mendamaikan dan merukunkan anak bangsa (negarawan), dan bukan sosok, yang terbebani masa lalu (koruptor, tersandung kasus HAM dan anti reformasi).

Sebelumnya, Aznil Tan yang didampingi Korlap Aksi, Roni Rosa, menegaskan bahwa dalam kegiatan Pekan Jokowi juga merumuskan visi dan misi Jokowi agar bisa dipertimbangkan dan dilaksanakan pada periode kedua kepemimpinan Jokowi.

“Dalam pencapresan Jokowi dan wakilnya pada 2019-2024 harus membawa semangat dan prinsip-prinsip penuntasan Nawacita 100 persen, kerja merdeka100 persen yang dari politik transaksional, fokus memajukan perekonomian rakyat di segala sektor, pendidikan gratis 100, jaminan kesehatan, penegakan hukum, negara merdeka dari mafia, melayani rakyat dan merdeka dari pungli dan premanisme 100 persen,”tegas Aznil yang juga pentolan aktivis 98 Forum Kota (Forkot) ini.
Sekretaris Pekan Jokowi Denni Agiel Prasetyo, menegaskan bahwa para relawan Jokowi dan ormas serta beberapa LSM tetap setia kepada Jokowi dan tetap kritis pada pemerintahan bertekad 100 persen memenangkan Jokowi 2 Periode pada Pemilu 2019 nanti.

Sesuai rekomendasi Pekan Jokowi, dia pun menegaskan agar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada masa kepemimpinan yang masih tersisa satu tahun, segera membuang menteri dan pejabat yang gagal melaksanakan program-program kerakyatan. Selain itu, Presiden Jokowi harus menekankan kembali kepada para pembantunya untuk fokus melaksanakan marwah Nawacita ,dan harus kembali menseleksi pembantu-pembantunya yang memiliki komitmen tinggi bekerja untuk rakyat dan bebas dari politik transaksional.

Lebih jauh, dalam menyambut Pemilu 2019,para relawan Jokowi yang tergabung dalam Pekan Jokowi meminta pemilu harus berjalan damai, aman dan rukun. Mereka merekomendasikan kepada Presiden Jokowi agar aksi intoleransi, persekusi, terorisme dan politik SARA harus ditindak tegas oleh pemerintah sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

(Yati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.