Bupati CEP Komit Minsel Daerah Swasembada Bawang Putih

Spread the love

Jurnalline.com, Minsel – Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE (CEP) melaksanakan Pencanangan Penanaman Perdana Bawang Putih bekerjasama dengan pihak importir di Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (25/7/2018).

Kerinduan dan harapan untuk mewujudkan Swasembada Bawang Putih dan pengembangannya, Bupati CEP bersama Dirjen Hortikultura yang diwakili Ibu Mardyah dan Pieko Njotosetiadi sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia bersama Pengusaha Importir Bawang Putih Indonesia menanam bibit Bawang Putih langsung di area perkebunan.

Bupati Tetty Paruntu mengatakan sangat bersyukur boleh hadir di wilayah Modoinding yang merupakan dapurnya Indonesia Timur, dalam rangka penanaman perdana bawang putih untuk mensukseskan pengembangan bawang putih di Minsel agar bisa menjadi swasembada bawang putih di Indonesia.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Republik Indonesia yang selama ini telah membantu petani di Kabupaten Minahasa Selatan, dengan langkah nyata dan komitmen melalui berbagai program bantuan di bidang pertanian, kiranya hubungan baik ini dapat terus kita pertahankan dan bahkan ditingkatkan,” ujar Bupati CEP sembari melantik kepengurusan Pos Penyuluhan Desa (Poshandes), serta menyerahkan sk

Bupati Tetty Paruntu pun berharap agar keberadaan Posluhdes mampu berdiri sebagai lembaga yang mampu memberikan informasi dan inovasi terbaru kepada petani dalam perencanaan dan pengembangan pertanian desa.

Disamping itu, dirinya berharap pula agar seluruh koordiantor balai penyuluhan pertanian dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Dan lewat keberadaan balai penyuluhan pertanian kecamatan dan Posluhdes, akan lebih meningkatkan kualitas pertanian Minahasa Selatan, menjadi modern, hebat dan terdepan.

“Mohon dukungan dari seluruh masyarakat dan petani di Minahasa Selatan untuk kegiatan pengembangan bawang putih ini, dimana investor melirik kabupaten Minahasa Selatan, terutama wilayah Modoinding karena suhu udaranya yang sangat menunjang untuk pengembangan bawang putih, ditambah dengan semangat dari petani guna mensukseskan kegiatan ini,” imbuh terpilih Minsel dua periode ini.

Dalam giat tersebut juga Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP) menetapkan Hari Wisata Petani, dimana Bupati mengharapkan para utusan petani yang terkumpul saat ini dapat menikmati keindahan agrowisata Modoinding, yang selanjutnya juga agenda ini akan dijadikan agenda tahunan daerah guna mempromosikan potensi wisata, sarana edukasi dan sektor pertanian di Minahasa Selatan.

“Marilah kita terus menanam, menanam, dan lebih semangat menanam, untuk kesejahteraan kita di kemudian hari,” ajaknya ketua DPD Partai Golkar Sulut ini

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Minsel, Ir Frans Tilaar mengatakan berterima kasih kepada Ibu Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, serta juga Kementan RI dan pihak investor yang boleh hadir dan melakukan penanaman perdana bawang putih, guna mensukseskan program swasembada bawang putih dimana diharapkan impor bawang putih Republik Indonesia ditahun 2021 sebesar 0 persen.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, mewakili Dirjen Holtikultura Kementan RI DR. Ir Suwandi MSc Ir Mardiyah MSc, pihak Asosiasi Bawang Putih Indonesia Pieko Nyoto Setiadi, pihak investor bawang putih, unsur Forkopimda Minsel, Pimpinan Perbankan di Minahasa Selatan, Kepala Dinas Pertanian Minahasa Selatan Ir.Frans Tilaar yang didampingi para kepala bidang, dan staf pegawai Distan Minsel, beberapa Kepala SKPD, Camat Modoinding Harits Lokas, para HukumTua se-kecamatan Modoinding, para utusan petani se-Minahasa Selatan, dan tokoh masyarakat.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.